Tangkal SPBU Curang, Hiswana Migas dan Pertamina Punya 5 Langkah

Miftah Ardhian
10 Juni 2016, 14:58
Premium pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA
Petugas SPBU mengisikan bahan bakar jenis premium kepada kendaraan pelanggan di Jakarta.

Kasus kecurangan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jalan Pahlawan, Rempoa, Tangerang Selatan, memicu perhatian dari Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas). Sebagai pihak yang membawahi berbagai SPBU Pertamina, membuat pengusaha yang tergabung di dalamnya merasa tersudutkan. Karenanya, mereka mendukung langkah-langkah yang akan diambil Pertamina.

Ketua Umum DPP Hiswana Migas Eri Purnomohadi mengatakan pihaknya sangat menyayangkan praktek kecurangan dari SPBU yang merugikan masyarakat ini. Dia pun mendesak proses hukum berjalan tegas. Bukan hanya dari sisi pengelola atau pengusaha SPBU, tindakan tegas juga harus dilakukan dari pihak pemasok peralatan yang digunakan untuk membantu pelaksanaan praktek curang ini. 

"Pertamina harus memberikan sanksi Pemutusan Hubungan Usaha (PHU) serta mendaftarhitamkan pengusaha terkait, dari lingkungan usaha Pertamina. Lalu, melakukan alih kelola operasional SPBU terkait, oleh Pertamina," kata Eri saat ditemui di SPBU Pertamina Gandaria, Jakarta, Jumat (10/6). 

Untuk mencegah kembali terjadinya kasus ini, Hiswana Migas bersama dengan PT Pertamina (Persero) akan mengambil lima langkah antisipasi. Pertama, melakukan pemeriksaan seluruh sarana fasilitas pompa bahan bakar yang ada di setiap SPBU. (Baca: Pemerintah Berantas Kecurangan Penjualan BBM)

Kedua, memasang segel pengamanan berganda. Saat ini semua mesin meter pada pompa di setiap SPBU memang sudah dipasang segel pengamanan oleh Badan Metrologi. Nantinya akan ditambahkan segel lain oleh Pertamina. Ini untuk mencegah terjadinya modifikasi atau rekayasa pada mesin pompa.

“Kami akan tambahkan lagi segel ganda di penutup dispenser yang jika dibuka rusak. Ini seperti teknologi kunci motor vs maling. Setiap teknologi baru, tidak lama bisa dijebol,” ujar Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang. (Baca: SPBU Curang, Pertamina Tambah Segel Pengaman)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...