Presiden Akan Resmikan Tol Pejagan-Brebes Timur untuk Mudik Lebaran

Ameidyo Daud Nasution
16 Juni 2016, 10:44
Jalan Tol
Arief Kamaludin|KATADATA

Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencananya akan meresmikan ruas tol Pejagan – Brebes Timur. Ruas tol yang merupakan bagian dari Tol Trans Jawa ini akan bisa digunakan untuk jalur mudik lebaran tahun ini, untuk mengurangi kepadatan di Jalur Pantura.

PT Waskita Karya (Persero) Tbk. yang membangun proyek tol ini memastikan peresmian tersebut dilakukan hari ini (16/6). Dalam agenda presiden, rencananya siang ini Jokowi juga akan berangkat ke Cirebon untuk kunjungan kerja, sekaligus memastikan proyek Tol Trans Jawa yang sudah bisa dioperasikan.

(Baca: Tekan Kemacetan, Pemudik Tak Perlu Bayar Tol Berkali-kali)

Direktur Utama Waskita Karya Muhammad Choliq mengatakan tol yang akan diresmikan dari pejagan hingga Brebes Timur, memiliki panjang 20,8 kilometer. "Langsung dari Jakarta ke Brebes Timur panjangnya 280 kilometer," kata Choliq ketika dihubungi Katadata, kemarin (15/6). Nantinya para pemudik, bisa menggunakan Tol Trans Jawa mulai dari Merak, Banten, hingga Brebes Timur, Jawa Tengah, tanpa terputus.

Setelah selesai menggarap Pejagan – Brebes Timur, Waskita Karya akan segera melanjutkan pembangunan sisa ruas tol tersebut hingga ke Pemalang. Total ruas tol tersebut hingga Pemalang panjangnya mencapai 57,5 kilometer. (Baca: Tol Trans Jawa Akan Beroperasi 2018)

Untuk diketahui proyek tol ini sebenarnya sudah rencanakan pembangunannya sejak 20 tahun lalu. Namun, proses pembangunannya tidak kunjung terlaksana. Badan Pengelol Jalan Tol (BPJT) pernah mengungkapkan penyebab mangkraknya tol ini karena terkendala masalah lahan dan seleksi tender yang kurang baik.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...