Menteri ESDM Peringatkan PLN Permudah Syarat Tender Pembangkit Swasta

Anggita Rezki Amelia
27 Juni 2016, 17:47
No image
Menteri ESDM, Sudirman Said

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyurati PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Isinya memperingatkan PLN agar mempermudah persyaratan bagi pengembang listrik swasta (Independent Power Producer/IPP) yang ingin terlibat dalam megaproyek kelistrikan 35 gigawatt (GW). 

Menurutnya hal ini merupakan arahan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas kabinet di kantor presiden pekan lalu. Jokowi ingin syarat-syarat yang dibebankan kepada IPP disederhanakan. Dengan begitu, pengembang swasta bisa tertarik untuk terlibat lebih besar pada proyek kelistrikan. (Baca: Jokowi Minta PLN Perbanyak Beli Listrik, Bukan Bangun Pembangkit)

Advertisement

"Saya hanya kutip ucapan presiden, jangan tambahkan syarat-syarat yang malah membuat pemain nasional tidak ada tempat. Yang jelas Peraturan Menteri ESDM Nomor 3 tahun 2015 tentang pembelian listrik, semangatnya memudahkan, mempercepat, dan menyederhanakan," kata Sudirman dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (27/6). 

Sudirman mengatakan selama ini ada ketentuan dari PLN yang dinilai mempersulit IPP untuk ikut membangun proyek listrik. Salah satunya syarat menaruh uang jaminan sebesar 10 persen dari nilai proyek, bagi pengembang swasta yang ingin ikut tender listrik. Uang ini harus ditaruh di perbankan nasional.

PLN beralasan syarat ini sebagai komitmen keseriusan dari pengembang tersebut menjalankan proyek. Namun, Sudirman menganggap syarat ini mempersulit IPP untuk ikut terlibat dalam pembangunan program kelistrikan. (Baca: Menteri Sudirman: Lima “Pembangkangan” PLN)

Selain mempermudah syarat dan ketentuan lain dalam proses tender IPP, Sudirman juga meminta agar PLN membuka ruang bagi pemain swasta nasional untuk mengembangkan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Ini juga merupakan amanat Jokowi, untuk memacu efek berganda bagi perekonomian daerah.

Dia meyakini bahwa pelaku usaha dalam negeri sudah mampu menguasai teknologi pembangkit mikro hidro. Apalagi pemain listrik ini banyak yang merupakan industri skala kecil. Saat ini Kementerian ESDM sedang menggodok rencana kerja dengan PLN agar pengembangan PLTMH ini bisa berjalan dengan baik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement