Di Asia, India Paling Sedikit Terdampak Brexit

Maria Yuniar Ardhiati
28 Juni 2016, 15:36
European Union
Katadata

Ekonomi India diprediksi hanya akan mendapat sedikit dampak atas keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit). Morgan Stanley menyebut India mampu bertahan karena tidak banyak menjalin hubungan perdagangan dengan negara-negara anggota organisasi antarpemerintahan itu. (Baca: Pemerintah – BI Waspadai Efek Lanjutan Brexit).

Ekonom dari Morgan Stanley, Chetan Ahya menjelaskan, dampak dari keluarnya Inggris dari Uni Eropa akan dirasakan oleh sektor finansial, yang diperlihatkan oleh gejolak suku bunga serta arus pasar modal. Bank sentral India atau Reserve Bank of India pun diharapkan turun tangan untuk mengurangi fluktuasi nilai tukar, serta mendorong pasokan uang tunai. Hal ini dibutuhkan jika arus keluar dari mata uang asing membuat likuiditas semakin ketat.

Advertisement

Ahya menjelaskan, perginya Inggris meninggalkan Uni Eropa akan berpengaruh terhadap pertumbuhan India dalam hal perdagangan dan sektor keuangan. “Namun karena volume ekspornya ke Inggris sedikit, dampak yang dirasakan India kecil jika dibandingkan dengan negara lainnya di kawasan itu,” katanya seperti dilansir Bloomberg, Senin, 27 Juni 2016.

Setelah referendum Brexit, kemarin nilai rupee sempat turun tapi kurang dari 0,1 pesen ke level 67,945 per dolar Amerika Serikat. Meski demikian, rupee tetap menjadi mata uang di Asia dengan catatan kinerja paling buruk, yang telah melemah hingga 2,6 persen. (Baca: Efek Brexit Lebih Memukul Rupiah ketimbang Perdagangan).

Namun, surat utang luar negeri India meningkat, dengan bagi hasil (yield) turun dua basis poin menjadi 7,46 persen untuk jangka waktu hingga Januari 2026. Morgan Stanley memprediksi rupee bisa menembus level 71 per dolar pada kuartal pertama tahun 2017, berdasarkan laporan 24 Juni lalu di London.

Rupee pernah menyentuh nilai terendahnya pada Agustus 2013, yang tercatat 68,845 per dolar. Mizuho Bank Ltd. memprediksi mata uang ini akan melemah hingga 70 per dolar dalam tiga bulan mendatang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement