Sebagian Tol Trans Sumatera Gagal Digunakan untuk Mudik

Ameidyo Daud Nasution
29 Juni 2016, 10:47
jalan tol
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memastikan ruas tol Trans Sumatera belum dapat digunakan untuk arus mudik pada tahun ini. Sebab, lahan beberapa ruas baru dapat dibebaskan dan belum layak untuk digunakan sebagai rute mudik.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan kondisi seperti itu seperti di beberapa ruas tol Bakauheni - Terbanggi Besar sehingga tidak memungkinkan untuk mengejar target konstruksi sebelum Lebaran. Padahal, sebelumnya Kementerian Pekerjaan Umum menargetkan tol tersebut, untuk seksi Sabah Balau - Kota Baru sepanjang lima kilometer dan Bakauheni - Desa Hatta sepanjang 7,1 kilometer, dapat digunakan untuk mudik.

Advertisement

“Masih ada pekerjaan sipil yang kami kerjakan. Jadi tidak akan sempat (selesai sebelum lebaran),” kata Herry di Gedung Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta, Selasa, 28 Juni 2016. (Baca: Tol Sumatera Bisa Dipakai Mudik Lebaran).

Pekerjaan sipil yang dimaksud Herry adalah menunggu pemadatan tanah serta pemindahan rumah penduduk setelah tanah dibebaskan. Dengan ini, Kementerian hanya menyiapkan lima ruas jalan tol untuk mudik.

Pertama adalah Pejagan - Brebes Timur sepanjang 20,2 kilometer, Mojokerto - Krian sejauh 18 kilometer, dan Mojokerto Barat - Mojokerto Utara sepanjang lima kilometer. Lalu tol Bawen - Salatiga sepanjang 15 kilometer dan Solo - Sragen sejauh 25 kilometer. (Baca: Presiden Akan Resmikan Tol Pejagan-Brebes Timur untuk Mudik Lebaran).

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono menyatakan beberapa ruas tol Trans Sumatera sudah rampung. Ruas tol ini akan beroperasi dalam waktu dekat dan bisa digunakan masyarakat saat mudik Lebaran.

“Sudah, ada beberapa ruas itu Bakauheni - Terbangi Besar bisa dan Indralaya - Palembang bisa,” kata Basuki Hadimuljono beberapa pekan lalu. (Baca: Hutama Karya Segera Ajukan Utang Tol Sumatera ke Bank Cina).

Pada musim mudik tahun lalu pemerintah telah mengoperasikan tol Cipali yang menghubungkan Cikopo (Purwakarta) ke Palimanan (Cirebon). Saat itu jalur ujung barat bagian utara (Banten) sudah bisa terhubung dengan jalan tol hingga ujung timur Jawa Barat bagian utara.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement