Pertamina Sewa Kilang Shell di Singapura untuk Olah Minyak Irak

Anggita Rezki Amelia
30 Juni 2016, 14:20
Kilang mini
Katadata

PT Pertamina (Persero) akan menyewa kilang minyak milik Shell di Singapura dalam waktu dekat. Kilang ini akan digunakan untuk mengolah minyak mentah Pertamina yang didapat dari Lapangan West Qurna 1, Basrah, Irak.

Senior Vice President Integrated Supply Chain (ISC) Daniel Purba mengatakan volume minyak yang akan dipasok dari Irak itu diolah di kilang tersebut mencapai satu juta barel per bulan. Minyaknya akan diolah menjadi beberapa macam produk. Mulai dari Elpiji, Avtur, Solar, dan Bahan Bakar Minyak (BBM) lain. Semuanya akan dipasok ke Indonesia untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Advertisement

“Pada prinsipnya sudah deal (kesepakatan) dengan pihak Shell,” kata dia saat acara buka puasa bersama wartawan di Jakarta, Rabu (29/6). (Baca: Pertamina Cari Lokasi untuk Bangun Dua Kilang Baru)

Pada tahap awal, Pertamina akan menyewa kilang tersebut untuk periode Juli-Desember 2016. Jika upaya ini bisa memberikan keuntungan, maka tidak menutup kemungkinan Pertamina memperpanjang kontrak sewanya.

Menurut Daniel, Pertamina memilih untuk menyewa kilang di Singapura berdasarkan penawaran yang diajukan oleh Shell sebelumnya. Tawaran ini dinilai merupakan yang terbaik dibandingkan tawaran dari perusahaan lain. Dari segi keekonomian tawaran memberikan keuntungan lebih baik, secara geografis, Singapura juga lebih dekat dengan Indonesia.

Kedepannya, tidak menutup kemungkinan Pertamina akan menyewa beberapa kilang lagi, milik perusahaan lain. Rencana ini akan dilakukan jika Badan Usaha Milik Negara (BUMN) migas ini mendapatkan tambahan pasokan minyak lebih banyak dari luar negeri. (Baca: Pertamina Incar Minyak Murah dari 7 Negara)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement