Bangun Tol, Waskita dan Jasa Marga Tampung Dana Repatriasi

Ameidyo Daud Nasution
14 Juli 2016, 18:28
Waskita KATADATA|Arief Kamaludin
Waskita KATADATA|Arief Kamaludin
Waskita KATADATA|Arief Kamaludin

PT Waskita Karya (Persero) Tbk. dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyatakan siap menampung dana yang masuk ke dalam negeri (repatriasi) hasil program pengampunan pajak. Dana ini akan dimanfaatkan untuk membangun infrastruktur jalan tol.

Direktur Utama Waskita M. Choliq mengatakan saat ini pihaknya sedang menyiapkan penerbitan obligasi untuk menampung dana repatriasi tersebut. Untuk tahap awal, nilai obligasi yang akan diterbitkan perseroan sebesar Rp 5 triliun. Namun, bisa saja jumlahnya bertambah.

Dana hasil obligasi ini akan digunakan untuk pembangunan beberapa ruas jalan tol, terutama di Trans Jawa. "Targetnya tahun ini (obligasi) diterbitkan, kami pakai untuk bangun tol," kata Choliq ditemui di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (14/7). (Baca: Serap Tax Amnesty, Pemerintah Divestasi Empat BUMN Tahun Ini)

Untuk diketahui anak usaha Waskita yakni Waskita Toll Road sedang menggarap ruas tol Jawa yakni Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang (kerjasama dengan PT Sumber Mitra Jaya). Kemudian Batang-Semarang yang bekerja sama dengan Jasa Marga.

Total dana yang dibutuhkan untuk pembangunan tiga ruas tol tersebut mencapai Rp 22,4 triliun. Penerbitan obligasi merupakan alternatif lain untuk mendanai proyek prioritas pemerintah ini. Tentunya Waskita juga akan mengandalkan ekuitas perusahaan. (Baca: Pemerintah Akan Tetapkan Tujuh Bank Penampung Tax Amnesty)

"Apalagi ada dana talangan (lahan) yang targetnya ditambah Rp 4 triliun," kata Choliq. Sebelumnya pemerintah menyatakan akan memberikan dana talangan untuk pembebasan lahan tol Trans Jawa, Trans Sumatera dan Tol Jabotabek senilai Rp 10 triliun tahun ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...