PUPR Targetkan Pembebasan Lahan Trans Jawa Selesai Tahun Ini

Safrezi Fitra
15 Juli 2016, 14:51
jalan tol
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan proses pembebasan lahan Tol Trans Jawa bisa selesai akhir tahun ini. Ini harus bisa dilakukan agar pembangunan tol ini bisa selesai seluruhnya pada 2018, seperti yang ditargetkan Presiden Joko Widodo.

Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Pengadaan Lahan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Herry Marzuki mengatakan proses pembebasan lahan bisa selesai tahun ini dana talangannya telah tersedia. Karena tanpa dana talangan ini, pembebasan lahan akan sulit dilakukan.

“Saya berkeinginan pembebasan lahan Jalan Tol Trans Jawa sudah selesai pada Desember 2016, atau minimal tidak mengganggu pekerjaan fisik, dengan syarat dana talangan telah tersedia,” kata Herry dalam keterangannya, Kamis (14/7). (Baca: Kemenhub Berharap Trans Jawa Tersambung Hingga Pemalang Tahun Depan)

Seperti diketahui, pemerintah mengandalkan dana talangan dari Badan Usaha Jalan Tol untuk mendanai pembebasan lahan. Pemerintah akan mengganti dana talangan badan usaha dengan kompensasi sesuai suku bunga acuan Bank Indonesia atau BI Rate.

Hingga saat ini komitmen dana talangan tersebut sudah mencapai Rp 10 triliun. Jumlah ini masih bisa bertambah, karena ada amandemen total dana pembebasan untuk ruas Batang-Semarang menjadi Rp 2 triliun. Dana telah tersalurkan hingga Juli, sekitar Rp 1,3 triliun.

Menurut Herry, dari seluruh ruas Tol Trans Jawa, progres pembebasan lahan yang paling lambat adalah Pemalang-Batang dan Batang-Semarang. Sementara jalan tol lainnya hingga Surabaya sebagian besar sudah selesai dibebaskan lahannya.

Dia menambahkan pembebasan lahan mulai dari Brebes Timur sampai Semarang membutuhkan dana sekitar Rp 5 triliun. Hingga saat ini progres pembebasan lahan untuk jalan tol Pejagan-Pemalang Seksi III (Brebes Timur-Tegal) baru mencapai 5,7 persen.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...