Program Sejuta Rumah, PUPR Dorong Perumnas Manfaatkan Lahan Pemda

Safrezi Fitra
19 Juli 2016, 11:41
Perumahan
Agung Samosir|KATADATA
Maket perumahan dalam pameran perumahan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meminta Perum Perumnas agar bisa memaksimalkan pemanfaatan lahan milik Pemerintah Daerah (Pemda). Ini dilakukan untuk mendukung pelaksanaan Program Satu Juta Rumah di daerah.

Perumnas perlu bekerjasama dengan pemda untuk penyediaan rumah para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Dengan kerja sama ini pemda memberikan kemudahan perizinan dan menyediakan lahan agar perumnas bisa membangun rumah dan hunian vertikal dengan baik.

Dia mencontohkan pembangunan Apartemen Sentraland Jakabaring di Palembang, Sumatera Selatan. Proyek tersebut merupakan contoh sukses pembangunan yang dilaksanakan Perumnas, bekerjasama dengan pemda setempat. (Baca: Jokowi Minta Kepala Daerah Pangkas Tarif Bea Hak Tanah dan Bangunan)

“Kami harap Perumnas bisa lebih memperbanyak pembangunan rumah murah untuk masyarakat dengan memanfaatkan lahan-lahan yang ada, baik itu miliknya sendiri maupun lahan Pemda,” kata Syarif dalam keterangannya saat acara puncak Hari Ulang Tahun Perumnas ke-42 di Jakarta, Senin (18/7).

Menurut Syarif, Perumnas yang memang ditugaskan untuk membangun perumahan untuk masyarakat. Sebagai Badan Usaha Milik Negara, Perumnnas merupakan salah satu mitra strategis untuk mensukseskan Program Satu Juta Rumah di Indonesia.

Permasalahan lahan menjadi suatu kendala bagi Perumnas untuk menjalankan program tersebut. Padahal, potensi lahan masih cukup luas di daerah-daerah. Dia berharap lahan-lahan pemda di daerah bisa dimanfaatkan oleh Perumnas untuk melaksanakan Program Sejuta Rumah. Apalagi Perumnas memiliki kantor regional yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...