Pemerintah Bahas Masalah Divestasi Saham Freeport Pekan Depan

Miftah Ardhian
21 Juli 2016, 12:21
freeport 1.jpg
Dok Freeport

Pemerintah akan membahas kepastian rencana pembelian saham divestasi PT Freeport Indonesia pada pekan depan. Pembahasan itu bakal melibatkan lintas kementerian untuk menyelesaikan persoalan kesepakatan harga penawaran saham perusahaan tambang emas dan tembaga di Papua tersebut.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, pemerintah tengah mengidentifikasi sejumlah masalah investasi di sektor energi dan pertambangan. Salah satunya adalah investasi Freeport. "Orang juga menunggu bagaimana kelanjutan (kontrak) Freeport," katanya seusai rapat koordinasi tentang investasi di sektor energi dan pertambangan di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (20/7).

Menurut Sudirman, sulit mengharapkan Freeport mau berinvestasi tanpa kepastian nasib kontraknya. Karena itu, pemerintah akan membahasnya untuk mencarikan jalan keluar. Selanjutnya, hasilnya akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo.

(Baca: Freeport Minta Kepastian Kontrak, Pembangunan Smelter Molor)

Seperti diketahui, kontrak Freeport di tanah Papua akan berakhir 2021. Proses perpanjangan kontrak belum bisa dilakukan karena masih terganjal aturan. Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 77 Tahun 2014, proses renegosiasi perpanjangan kontrak pertambangan hanya bisa dilakukan dua tahun sebelum kontrak berakhir. Artinya, perpanjangan kontrak Freeport baru bisa dibahas dan diajukan pada 2019.

Ketidakpastian nasib kontrak tersebut membuat rencana Freeport membangun fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral (smelter) di Gresik, Jawa Timur, tertunda. Padahal, semula pemerintah menargetkan proses pembangunan smleter bisa dimulai medio tahun ini. Dengan begitu, smelter dengan investasi senilai US$ 2,3 miliar itu bis arampung tahun depan.

Selain itu, pemerintah akan membahas kepastian rencana pembelian saham divestasi Freeport. Menurut Sudirman, rencana itu masih menghadapi kendala perhitungan harga penawaran saham divestasi tersebut. Pemerintah dan Freeport memiliki metode perhitungan yang berbeda.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...