Tertunda 43 Tahun, Proyek Air Minum Umbulan Siap Dibangun

Ameidyo Daud Nasution
21 Juli 2016, 16:58
Air Bersih
Katadata

Direncanakan sejak sejak 1973, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, Jawa Timur akhirya segera dibangun. Pemerintah pusat, swasta, serta pemerintah Provinsi Jawa Timur sepakat memulai pembangunan proyek tersebut.

Bertempat di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada hari ini, perjanjian kontrak kerja sama tersebut diteken. Dua pihak menandatanganinya, yaitu Gubernur Jawa Timur, sebagai penanggung jawab proyek kerja sama SPAM Umbulan, dan PT Meta Adhya Tirta Umbulan dengan disaksikan Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution.

Darmin menyatakan lega bahwa kontrak ini terealisasi setelah tertunda 43 tahun. Dia sempat khawatir apabila perjanjian tidak dilakukan maka pembangunan proyek senilai Rp 2 triliun ini akan terus mundur. (Baca: Proyek Air Umbulan Tinggal Tunggu Izin Menkeu dan DPRD).

Kami harap financial closing bisa dilakukan tiga sampai enam bulan dari sekarang,” kata Darmin dalam sambutannya, Kamis, 21 Juli 2016.

Dalam pembangunan SPAM Umbulan, pemerintah memberikan Viability Gap Fund (VGF) atau dukungan kelayakan senilai Rp 818 miliar. Sedangkan sisa pembiayaannya akan ditanggung oleh ekuitas badan usaha.

SPAM ini memiliki jaringan transmisi berkapasitas 4.000 liter per detik. Dari sini akan mengaliri lima daerah di Provinsi Jawa Timur, yakni Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, serta Kotamadya Surabaya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...