Faktor Mudik Lebaran, Inflasi Pekan Kedua Juli Melejit 1,18 Persen

Desy Setyowati
22 Juli 2016, 11:28
Mudik Kereta Api
Arief Kamaludin | Katadata

Angka inflasi pada bulan Juli ini diperkirakan di atas satu persen atau jauh lebih tinggi dari bulan sebelumnya. Penyebabnya adalah momen mudik Hari Raya Idul Fitri yang mengerek tarif transportasi dan harga barang-barang.

Hasil survei Bank Indonesia (BI) menunjukkan, angka inflasi hingga pekan kedua Juli ini telah mencapai 1,18 persen. Ini lebih tinggi dibandingkan inflasi sepanjang Juni lalu yang sebesar 0,66 persen. Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Fiskal Ekonomi dan Moneter BI Juda Agung mengatakan, penyebab utama lonjakan inflasi pada awal Juli ini adalah jalur distribusi terhambat oleh kemacetan imbas arus mudik Lebaran.

Faktor lain lonjakan inflasi pada awal Juli adalah kenaikan tarif angkutan udara seiring dengan mudik Lebaran dan musim liburan tengah tahun. “Pekan pertama kemarin (Juli) inflasi 1,2 persen dan di pekan kedua 1,18 persen. Kami tahu dua pekan ini akan ada kenaikan tarif angkutan udara dan gangguan distribusi akibat kemacetan,” kata Juda saat konferensi pers di Gedung BI, Jakarta, Kamis (21/7).

(Baca: Daya Beli Masyarakat Terjaga, Inflasi Juni 0,66 Persen)

Kemacetan tersebut turut mengerek harga komoditas pangan. Meningkatnya permintaan saat Lebaran dan masa liburan ikut mengerek harga pangan. Salah satu komoditas pangan yang mengalami kenaikan harga yakni cabai. Kenaikannya mencapai 32 persen pad pekan pertama Juli.

Sebelumnya, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Sasmito Hadi Wibowo menjelaskan, inflasi pada Juli kemungkinan akan lebih tinggi dari bulan sebelumnya.Penyebabnya, kenaikan tarif angkutan umum karena tingginya permintaan menjelang Lebaran dan saat musim libur sekolah.

“Kenaikan tarif angkutan yang sudah naik di Juni tidak tancap terus. Juga di Juli yang kami khawatirkan (kenaikan tarif angkutan),” kata dia.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...