Pemerintah Akan Lelang Lima Blok Migas di Natuna

Anggita Rezki Amelia
22 Juli 2016, 16:30
Rig Migas Lepas Pantai Pertamina Hulu Energi
Katadata

Pemerintah akan melelang beberapa blok minyak dan gas bumi (migas) yang ada di kawasan Natuna, Kepulauan Riau. Proses lelang ini merupakan bagian dari upaya percepatan pengembangan kawasan Natuna, yang merupakan daerah perbatasan dengan negara lain.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM I.G.N Wiratmaja Puja mengatakan, lelang blok migas ini dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap I yaitu tahun ini, pemerintah akan melelang Blok Bukit Barat. Potensi minyak yang ada di blok ini mencapai 122 juta barel  dan gas sebesar 640 miliar kaki kubik (BSCF).

Tahap kedua, masih di tahun ini, pemerintah akan menawarkan Blok Emas Putih dan Dorang. Untuk Blok Emas Putih, pemerintah masih mengkaji potensinya, sementara Blok Dorang memiliki potensi 225 MMSTB. (Baca: Pemerintah Akan Lelang Blok Emas Putih di Natuna)

Tahap ketiga pada tahun depan, pemerintah akan melelang Blok Durian dan South Tuna. Sebelum dilelang, potensi kedua blok tersebut bakal dikaji. Blok ini juga masih dalam proses studi bersama.

Dalam proses lelang lima blok tersebut, pemerintah akan menawarkan beberapa paket kemudahan. Antara lain, persyaratan fiskal dan penambahan waktu untuk eksplorasi. Tujuannya agar blok yang akan dilelang itu ekonomis dan menarik investor.

Pada tahun depan, Pemerintah juga menargetkan sudah ada penandatanganan kontrak bagi hasil Blok East Natuna. Saat ini konsorsium blok tersebut, yakni Pertamina, ExxonMobil dan PTT Thailand sedang mengkaji aspek teknologi dan pemasarannya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...