Di Twitter, Dua Seteru Masela: Rizal dan Sudirman Pamit dari Kabinet

Muchamad Nafi
27 Juli 2016, 10:28
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli
BOWO RAF
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli

Di tengah kabar hangat perombakan kabinet untuk kedua kalinya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli bercuit melalui akun twitter-nya. “Saya telah mencoba berbuat yang terbaik untuk bangsa dan rakyat Indonesia,” demikian kicauan Rizal pagi ini, Rabu, 27 Juli 2016.

Kabar reshuffle jilid kedua Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo kembali mencuat usai Lebaran lalu. Puncaknya, beberapa menteri dipanggil Jokowi ke istana semalam. Sejumlah sumber Katadata menyatakan salah satu pemangku pos yang akan berubah yakni Kementerian Koordinator Kemaritiman.

Posisi Rizal dikabarkan akan diisi oleh Luhut Binsar Pandjaitan. Dengan perubahan ini, berarti Luhut menempati pos ketiganya dalam Kabinet Jokowi setelah menjabat Kepala Staf Kepresidenan lalu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. (Baca juga: Reshuffle Rabu Siang Ini, Sri Mulyani Bakal Masuk Kabinet).

Dalam waktu kurang dari setahun ini, Rizal diangkat menteri pada 12 Agustus tahun lalu, dia merasa telah menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. “Terima kasih banyak rakyat Indonesia,” Rizal mengakhiri twit-nya dengan membubuhi dua ikon senyum.

Semalam, pesan serupa disampaikan Sudirman Said. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ini bercuit sekitar pukul 10.20. “Alhamdulillah, tugas besar selesai,” katanya. (Baca: Reshuffle Besok, Jokowi Rombak Setidaknya Delapan Pos di Kabinet).

Walau tak spesifik kicauannya terkait reshuffle, beberapa sumber menyatakan ucapanya sebagai salam perpisahan dari posisi menteri. Di sini, Sudirman hanya melanjutkan, “Ladang amal & perjuangan makin lebar. Jangan pernah lelah mencintai Indonesia yang hebat ini,” ujarnya. “Thx semua.”

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...