Reshuffle Rabu Siang Ini, Sri Mulyani Bakal Masuk Kabinet

Yura Syahrul
27 Juli 2016, 09:15
Sri Mulyani
Arief Kamaludin | Katadata

Presiden Joko Widodo kemungkinan akan mengumumkan perombakan (reshuffle) Kabinet Kerja jilid II pada Rabu (27/7) siang ini. Perombakan yang menyasar banyak kursi menteri itu juga membawa masuknya kembali Sri Mulyani ke dalam kabinet.

“Sri Mulyani masuk kabinet,” kata sumber Katadata di pemerintahan, Rabu pagi ini. Untuk itu, Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut dikabarkan dipanggil  ke Istana Negara, Jakarta, oleh Presiden pada Rabu pagi ini.

Kemungkinan besar, Sri akan menjabat Menteri Keuangan, posisi yang pernah ditempatinya dulu pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sedangkan Bambang Brodjonegoro akan digeser untuk menempati kursi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Bappenas.

Sebelumnya, sempat beredar juga kabar, Sri akan menjabat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang saat ini ditempati Darmin Nasution. Namun, beberapa sumber Katadata memastikan, Darmin tetap pada posisinya sebagai Menko Perekonomian.

(Baca: Sri Mulyani Memuji Dua Kebijakan Pemerintahan Jokowi)

Kabar kembali masuknya Sri ke dalam kabinet baru mulai berhembus sejak Selasa kemarin seiring kedatangannya ke Indonesia. Pada Selasa pagi, Direktur Pelaksana Bank Dunia ini berpidato dalam acara mengenai peran anak muda untuk pembangunan berkelanjutan di kampus Universitas Indonesia, Depok. Pada Kamis besok, Sri juga dijadwalkan berbicara dalam sebuah forum yang diselenggarakan oleh The Economist Group.

Nama Sri Mulyani sebenarnya sudah lama disebut-sebut untuk kembali masuk kabinet saat perombakan Kabinet Kerja jilid I, Agustus tahun lalu.

Kala itu, Sri disebut-sebut ditawari kursi Menko Perekonomian. Belakangan, posisi itu ditempati oleh Darmin Nasution. (Baca: Sri Mulyani-Rizal Ramli Masuk Bursa Menteri Ekonomi)

Selain tim ekonomi, Presiden juga dikabarkan merombak sejumlah pos penting di kabinetnya. Seperti diberitakan Katadata dari informasi yang dihimpun hingga pukul 22.00 WIB, tadi malam (26/7), setidaknya ada empat menteri yang didepak dari kabinet. Yaitu Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menteri PAN-RB Yuddy Crisnandi, Menteri Eenergi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, dan Menteri Perindustrian Saleh Husin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...