30 Program Strategis Migas Jadi Fokus Utama Menteri Arcandra

Anggita Rezki Amelia
28 Juli 2016, 19:39
Arcandra Tahar
Katadata

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar memiliki setumpuk pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Di sektor minyak dan gas bumi (migas), setidaknya ada 30 program strategis mulai dari hulu hingga hilir yang membutuhkan sentuhannya.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM I.G.N. Wiratmaja Puja mengatakan, Menteri ESDM mengadakan rapat perdana dengan beberapa pejabat di Kementerian ESDM pada Kamis ini (28/7). Rapat itu memang baru sebatas perkenalan mengenai tugas pokok dan fungsi, pejabat, dan program strategis. (Baca: Luhut Bantu Candra Dobrak Masalah Kementerian Energi)

Dalam rapat, Wiratmaja memaparkan, setidaknya ada 30 program strategis yang harus diselesaikan mulai hulu hingga hilir. Yang paling atas adalah penyelesaian revisi Undang-Undang Nomor 22 tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi. 

Ia tidak menyebutkan target waktu penyelesaian RUU Migas. Sebab, pembahasan itu merupakan inisiatif Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Yang jelas, diharapkan payung hukum itu bisa selesai tahun ini.

Menteri ESDM juga belum menyampaikan arahannya untuk program tersebut. “Minggu depan akan ada pembahasan satu per satu dan bahas khusus migas saja,” kata Wiratmaja seusai rapat pimpinan di Kementerian ESDM, Jakarta tersebut.

Selain itu, ada di sektor hulu migas ada juga beberapa proyek strategis yang harus diselesaikan. Seperti pengembangan blok migas yang ada di kawasan Natuna, Masela, Jambaran-Tiung Biru, dan Indonesia Deepwater Development (IDD).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...