Jadi Menhub, Budi Karya Akan Operasikan Terminal 3 Bulan Depan

Maria Yuniar Ardhiati
28 Juli 2016, 17:26
Jokowi kunjungi Terminal 3 Bandar Udara Soekarno-Hatta, Rabu (11/5)
Cahyo | Biro Pers Sekretariat Kepresidenan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berjanji segera mengoperasikan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Padahal, semasa menjabat Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Budi belum berhasil membuka layanan penerbangan dari terminal anyar ini.

“Mudah-mudahan (pengoperasian Terminal 3) dapat menjadi hadiah Hari Kemerdekaan (17 Agustus),” kata Budi seusai acara serah terima jabatan dari Menteri Perhubungan sebelumnya, Ignasius Jonan, di Jakarta, Kamis (28/7). (Baca: Menteri Baru Kabinet Jokowi-Kalla)

Budi menjelaskan, Terminal 3 saat ini masih menjalani proses verifikasi yang diharapkan akan segera rampung. Sebab, dia mengklaim, semua infrastruktur di sana telah layak digunakan.

Di sisi lain, Budi juga menyinggung mengenai nasib proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Ia tidak ingin gegabah mengambil keputusan dan terus mempelajari proyek itu karena merupakan salah satu fokus Kementerian Perhubungan.

Selain mempercepat pengoperasian proyek-proyek prioritas, Budi mengatakan akan fokus membenahi sumber daya manusia (SDM) kementerian yang dipimpinnya. Ia menilai kinerja yang ada kerap dirasa kurang, dengan tuntutan masyarakat yang semakin besar.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...