Total Tawari Pertamina Investasi di Blok Mahakam Kuartal II 2017

Anggita Rezki Amelia
28 Juli 2016, 18:02
Migas
Katadata | Dok.

Total E&P Indonesia masih berdiskusi dengan PT Pertamina tentang masa transisi di Blok Mahakam, Kalimantan Timur. Perusahaan asal Prancis ini membuka peluang kepada Pertamina untuk berinvestasi di Blok Mahakam pada kuartal II 2017.

Vice President Corporate Communication HR and Finance Total E&P Indonesia Arividya Noviyanto mengatakan kalau harga minyak masih sekitar US$ 50 per barel, Total hanya mengebor pada kuartal I. “Sisanya kalau Pertamina mau masuk. Jadi Pertamina investasi dan Total bisa jadi yang mengerjakannya,” kata Arividya saat berbincang dengan wartawan di kantornya, Kamis, 28 Juli 2016. (Baca: Sudirman Minta Pertamina Paparkan Kesiapan Kelola Blok Mahakam).

Dari rencana Total, tahun depan hanya akan ada satu rig untuk mengebor Lapangan Tunu. Sementara tahun ini Total mengebor 36 sumur. Pertimbangannya adalah harga minyak dunia yang masih rendah. Tapi, jika harga minyak membaik, bukan tidak mungkin akan menambah rig.

Di sisi lain, Total dengan Pertamina juga terus membahas program yang akan dilakukan di masa transisi. Bahkan tahun ini Pertamina, kata Arividya, sudah melakukan studi untuk pengeboran di 2017 atau setelah itu. “Kami membantu Pertamina untuk membuat rencana pengembangan lapangan (PoD),” ujar dia.

Mengenai payung hukumnya, Total menyerahkan kepada Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Jika Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 15 tahun 2015 tentang Pengelolaan Wilayah Kerja Minyak dan Gas bumi yang akan berakhir masa kontraknya belum lengkap, sebaiknya perlu ditinjau ulang.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto berharap di 2017, Pertamina bisa mulai berinvestasi di Blok Mahakam. Ini agar setelah kontrak berakhir dan pengelolaannya diambil Pertamina tidak terjadi penurunan produksi yang tajam. “Kalau diizinkan, kami akan masuk,” kata dia di Kementerian Energi. (Baca: Pertamina Siap Danai Pengeboran 100 Sumur di Blok Mahakam).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...