Kembalinya Eko Putro Sandjojo dalam Lingkaran Presiden Jokowi

Image title
Oleh Warastuti
1 Agustus 2016, 20:59
Pelantikan Kabinet Kerja
Biro Pers Setpres

Dalam perombakan Kabinet Kerja jilid kedua Rabu, 27 Juli 2016, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencopot Marwan Jafar dari Menteri Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu diganti rekan separtainya, Eko Putro Sandjojo.

Dengan demikian, partai berlambang bola dunia dengan sembilan bintang itu tetap menancapkan empat orang dalam kabinet, yaitu Menteri Tenaga Kerja; Menteri Pemuda dan Olahraga; Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi; serta Menteri Desa. (Baca: Jokowi Lantik Wajah Baru Kabinet Kerja).

Keputusan Jokowi cukup jauh dari banyak prediksi. Salah satu kandidiat yang sempat muncul yaitu Budiman Sudjatmiko. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang mengusungnya. Prediksi itu dilatari karena Budiman merupakan salah satu penggagas Undang-Undang Desa.

Walau cukup mengejutkan, Eko sebenarnya bukan nama baru dalam lingkaran Jokowi-Jusuf Kalla. Dia pernah menjabat Deputi Tim Transisi pasangan Presiden-Wakil Presiden ini. Meski gagal menempatkan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar ke dalam kabinet, kesuksesan PKB meletakkan empat kader sebagai menteri disebut-disebut berkat lobi dan strategi Eko semasa di Tim Transisi.

Tim ini dibentuk di masa awal pemerintahan Jokowi, dengan tugas utama menyiapkan hal-hal strategis yang berhubungan dengan transisi kepemerintahan. Kala itu Jokowi menunjuk Rini Soemarno sebagai ketua. Kini, Rini menjabat Menteri Badan Usaha Milik Negara.

Setelah pembubaran Tim Transisi, nama Eko disebut-sebut sebagai kandidat deputi di Kantor Staf Presiden. Namun, Eko menyatakan kabar tersebut tidak benar. Ia merasa tidak pernah mendapat tawaran itu. (Baca: Ekonom Danareksa Diajak Bergabung ke Kantor Kepresidenan).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...