Pertamina Akuisisi Perusahaan Migas Perancis

Anggita Rezki Amelia
1 Agustus 2016, 20:26
Pertamina logo
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina (Persero) mengumumkan proses akuisisi saham perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Prancis, Maurel and Prom. Akuisisi ini merupakan langkah Pertamina menjadi perusahaan migas berskala global.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan perusahaannya mengakuisisi 24,53 persen saham di Maurel and Prom milik Pacifico. Nilainya mencapai 200 juta Euro, dengan harga setiap sahamnya sebesar 4,2 euro.

“Setelah memperoleh persetujuan Jumat lalu, negosiasi selesai,” kata dia saat mengadakan jumpa pers di Gedung Pertamina, Senin (1/8).

Selain untuk menjangkau global, akuisisi ini juga bertujuan menambah cadangan migas dan pasokan ke dalam negeri. Mengingat saat ini produksi migas terus menurun, sedangkan kebutuhannya meningkat. Perlu sumber-sumber lainnya di luar negeri dan tidak hanya dalam negeri demi ketahanan energi nasional.

(Baca: Cadangan Minyak Menipis, Terendah 16 Tahun Terakhir)

Menurutnya akuisisi seperempat saham yang dilakukan saat ini, merupakan langkah awal untuk mengambil alih perusahaan tersebut. Targetnya Pertamina bisa menguasai seluruh saham Maurel and Prom dan mendapatkan ladang migas yang dimiliki perusahaan ini di luar negeri.

Senior Vice President Upstream Business Development Pertamina Denie S. Tampubolon mengatakan penjajakan akuisisi ini terjadi sejak Mei 2016, dan sudah mendapat lampu hijau dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Saat ini Pertamina telah menyelesaikan perjanjian jual beli.

Setelah proses ini selesai, Pertamina harus meminta persetujuan perubahan komposisi kepemilikan saham Maurel and Prom dari pemerintah Prancis, serta pemerintahan di negara tempat aset berada. Targetnya persetujuan ini bisa selesai akhir Agustus ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...