Dukung 4 Proyek Menteri ESDM, Luhut: Macam-Macam Buldoser Saja

Anggita Rezki Amelia
2 Agustus 2016, 20:28
Luhut
Arief Kamaludin | Katadata

Berbeda dari pendahulunya, hubungan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang sekarang terlihat lebih akur.

Luhut Binsar Panjaitan, Menko Maritim baru yang menggantikan Rizal Ramli, menyatakan mendukung penuh program-program Arcandra Tahar sebagai Menteri ESDM penerus Sudirman Said. Bahkan, Luhut siap meghadapi orang-orang yang menggangu pekerjaan Arcandra.

Menurut Luhut, Menteri ESDM saat ini masih mempelajari beberapa program di sektor energi. Termasuk proyek laut dalam yang dikelola Chevron Indonesia, sebagai salah satu megaproyek di sektor hulu minyak dan gas bumi (migas).

Hal ini perlu dimaklumi karena Arcandra baru kembali ke Indonesia setelah 20 tahun hidup di Texas, Amerika Serikat. Demi mempelajari berbagai program di sektor energi itu, Luhut mengaku, Arcandra tidak tidur selama tiga hari sejak didapuk menjadi Menteri ESDM pertengahan pekan lalu.

“Jadi jangan pikir kalian main-main. Saya back up habis Pak Tahar. Yang macam-macam buldoser saja,” kata Luhut seusai memimpin rapat koordinasi di kantornya, Jakarta, Selasa (2/8). Rapat itu turut dihadiri oleh Menteri ESDM. (Baca: Luhut Bantu Arcandra Dobrak Masalah Kementerian Energi)

Dalam rapat tersebut, Luhut menyampaikan beberapa keinginan Presiden Joko Widodo yang perlu segera ditindaklanjuti empat kementerian yang berada di bawahnya. Untuk Kementerian ESDM, ada proyek Blok Masela, proyek listrik 35.000 megawatt, Blok Mahakam dan pengembangan blok migas di Kawasan Natuna.

Menteri Perhubungan Budi Karya juga mendapat mandat untuk menyelesaikan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, kereta Jakarta-Bandar Udara Soekarno Hatta. Selain itu, beberapa masalah penerbangan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...