Arcandra Tunjuk Staf Khusus Menteri ESDM Pekan Ini

Arnold Sirait
3 Agustus 2016, 13:35
Menteri ESDM Arcandra
Arief Kamaludin | Katadata

Setelah sepekan menjabat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar mulai menyusun tim untuk membantu pekerjaannya. Rencananya, dia akan menunjuk paling banyak tiga staf khusus pada pekan ini.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Teguh Pamudji mengatakan, surat keputusan pengangkatan Staf Khusus Menteri ESDM sedang disiapkan. “Kemungkinan pekan ini akan keluar,” kata dia kepada Katadata, Selasa (2/8).

Advertisement

Tapi, dia masih merahasiakan para kandidat yang akan menduduki posisi tersebut. Sedangkan berdasarkan informasi yang dihimpun Katadata, dua orang yang berpeluang besar menduduki posisi itu adalah teman Arcandra waktu berkarier di Amerika Serikat, yakni Jaffe Suardin dan Prahoro Nurtjahyo. (Baca: Jadi Menteri ESDM, Arcandra Dibantu Dua Teman dari Amerika)

Arcandra juga sudah mengirimkan sinyal tersebut saat acara ramah-tamah dengan para wartawan, Jumat (29/7) pekan lalu. Jaffe dan Prahoro yang turut hadir dalam acara itu, disebut Arcandra sebagai dua orang yang akan membantu pekerjaannya.  "Jadi sumber daya manusia yang ada di luar (negeri) kalau bisa kami manfaatkan untuk membangun Indonesia," katanya.

Prahoro memiliki latar belakang pendidikan yang sama dengan Arcandra, yakni  Doctor of Philosophy (Ph.D) Ocean Engineering Universitas Texas A&M. Ia juga menjabat sebagai Wakil Presiden Petroneering sejak November 2013, yang presidennya adalah Arcandra.

Sebelum bergabung di Petroneering, Prahoro juga berkarier sebagai Principal Lead Engineer di SBM Offshore Houston sejak 2006 hingga 2013. Pernah juga menjadi Staff Specialist di Technip selama dua tahun sejak 2004. Ia pun pernah menjadi Analysis Engineer di Mc Dermott Internasional Inc pada Februari 2003 hingga Desember 2004. Sedangkan awal kariernya sebagai peneliti di PT Dirgantara Indonesia sejak Maret 1994 hingga Juni 1996.

Prahoro memiliki keahlian dalam bidang FPSO, pengeboran lepas pantai (Offshore Drilling), pemipaan (Pipelines), Minyak dan gas bumi, Teknik Proyek (Project Engineering), EPC, Subsea Engineering, Upstream, FEED dan Onshore. Selain itu, keahlian Engineering, Fluid Dynamics, CFD, LNG, Engineering Design, Floating Production, dan Single Point Mooring. (Baca: Era Sudah Berubah, Menteri Arcandra Fokus Revisi UU Migas)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement