Widjonarko, Mantan Bos SKK Migas "Merapat" ke Menteri Arcandra

Yura Syahrul
Oleh Yura Syahrul - Anggita Rezki Amelia
3 Agustus 2016, 14:18
Sudirman Widjonarko
Arief Kamaludin | Katadata
Menteri ESDM Sudirman Said saat mengganti Plt Kepala SKK Migas Johannes Widjonarko (kiri), November 2014

Penunjukan Arcandra Tahar sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), bakal diikuti oleh perombakan sejumlah posisi di lingkaran satu sang menteri. Selain penunjukan tiga staf khusus yang baru, ada posisi staf ahli menteri yang kosong. Bahkan, beredar kabar adanya penunjukan Wakil Menteri ESDM dalam waktu dekat ini.

Salah seorang kandidat potensial untuk mengisi posisi di lingkaran satu Menteri ESDM tersebut adalah Johannes Widjonarko. Indikasinya adalah kedekatan bekas Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) ini dengan Arcandra.

Menurut sumber Katadata di Kementerian ESDM, Widjonarko kerap terlihat mendampingi Arcandra sejak acara serah terima jabatan Menteri ESDM dengan Sudirman Said, Rabu (27/7) pekan lalu. Pada Kamis (28/7) pagi, Widjonarko turut menghadiri rapat pimpinan perdana Menteri ESDM.

(Baca: Arcandra Tunjuk Staf Khusus Menteri ESDM Pekan Ini)

Rapat tersebut baru sebatas perkenalan mengenai tugas pokok dan fungsi, pejabat, dan program strategis Kementerian ESDM. Keesokan harinya, Widjonarko turut hadir dalam rapat Menteri ESDM dengan pejabat Eselon I yang membahas soal regulasi.        

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Teguh Pamudji mengakui kehadiran Widjonarko dalam rapat-rapat tersebut. “Beberapa kali memang ikut rapat. Kamis, hari pertama Pak Menteri datang ke ESDM yang merupakan hari kerja pertama beliau, ada Pak Widjo,” kata Teguh kepada Katadata, Rabu (3/8).

Menurut Teguh, kehadiran Widjo dalam beberapa rapat itu sebagai tim yang membantu Menteri ESDM. Berdasarkan peraturan, kementerian sebagai sebuah organisasi memiliki jabatan struktural dan non-struktural. Posisi non-struktural itu seperti staf khusus menteri dan staf ahli menteri.

(Baca: Dukung 4 Proyek Menteri ESDM, Luhut: Macam-Macam Buldoser Saja)

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia, Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...