Rosneft Menang Tender Pasok Premium ke Pertamina

Anggita Rezki Amelia
8 Agustus 2016, 19:29
kilang cilacap
Katadata

PT Pertamina (Persero) memutuskan memilih perusahaan minyak dan gas bumi asal Rusia, Rosneft Oil Company untuk memasok Bahan Bakar Minyak (BBM) berkadar oktan 88 atau Premium. Terpilihnya Rosneft memasok BBM tersebut berdasarkan penilaian dalam tender terbuka yang dilakukan Pertamina.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan awal mula keikutsertaan Rosneft, ketika ada perjanjian kerjasama untuk membangun kilang minyak di Tuban, Jawa Timur. Pertamina menawarkan kerjasama lain selain pembangunan kilang tersebut.

“Dalam framework agreement dengan Rosneft, kami persilahkan opsi ikut tender asalkan memenuhi persyaratan sebagai Daftar Mitra Usaha Terpilih (DMUT),” kata dia kepada Katadata, Senin (8/8). (Baca: Jokowi Restui Rosneft Jadi Mitra Pertamina di Kilang Tuban)

Tender ini digelar oleh Integrated Supply Chain (ISC). Ratusan perusahaan migas pun ikut berpartisipasi dalam proses tender dan masuk dalam DMUT Pertamina. Setelah melalui beberapa proses penilaian Pertamina akhirnya memilih Rosneft.

Alasan Pertamina menunjuk Rosneft karena perusahaan tersebut menawarkan harga yang murah. Menurut informasi yang diperoleh Katadata, Rosneft menawarkan US$ 2 per barel lebih murah dari harga perkiraan Pertamina.

Namun, Wianda masih enggan menyebut berapa yang ditawarkan. "Kami mencari spesifikasi terbaik dengan harga kompetitif," ujarnya. (Baca: Pertamina Incar Minyak Murah dari 7 Negara)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...