Wika Targetkan Konstruksi Kereta Cepat Dimulai Bulan Depan

Ameidyo Daud Nasution
8 Agustus 2016, 18:50
No image
Suasana ekspo Jaringan Kereta Cepat Negara Tiongkok di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta. Pameran menampilkan beragam jenis kereta cepat dan pembangunan stasiun kereta yang telah dipergunakan di negara Tiongkok yang rencananya juga akan di pergunak

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk sebagai kontraktor penggarap proyek kereta cepat Jakarta – Bandung, menargetkan bisa segera memulai konstruksi proyek tersebut bulan depan. Target ini akan terealisasi jika Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan izin pembangunan proyek tersebut pada pekan ini.

Sekretaris Perusahaan Wijaya Karya (Wika) Suradi mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan finalisasi kontrak pekerjaan kereta cepat dengan PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC). Dia menargetkan kontrak Rp 17 triliun sudah dapat ditandatangani kedua pihak pada akhir bulan ini.

Pembicaraan terakhir Wika dan KCIC mengenai kontrak ini, masih membahas banyak hal. Termasuk pembahasan harga satuan komponen investasi yang dikeluarkan dalam proyek tersebut. Dia mengatakan pekerjaan yang akan dimulai Wika antara lain sejumlah pekerjaan sipil serta menguruk tanah.

"Semua pekerjaan, kecuali persinyalan dan rolling stock," kata Suradi kepada Katadata, Senin (8/8). (Baca: Ada Perubahan Teknis, Nilai Investasi Kereta Cepat Bisa Bertambah)

Sebenarnya Wika sudah bisa melaksanakan konstruksi sepanjang 5,5 kilometer pada Maret lalu. Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sudah meresmikan pembangunannya pada Januari 2016. Namun, hingga sekarang pengerjaannya masih belum berjalan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...