Percepat Pengembangan Blok Masela, ESDM Bentuk Tim Ad Hoc

Anggita Rezki Amelia
9 Agustus 2016, 19:59
Rig
Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan membentuk tim ad hoc untuk mempercepat pengembangan Blok Masela. Tim itu beranggotakan perwakilan dari berbagai pihak dan lintas kementerian.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM I.G.N. Wiratmaja Puja mengatakan, tim ini terdiri dari perwakilan Direktorat Jenderal Migas, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas), Kementerian Perindustrian dan operator Blok Masela yakni Inpex Corporation dan Shell. “Kami secara insentif berkoordinasi dan bekerjasama,” kata dia di Jakarta, Selasa (9/8).

Tim ini terbentuk berdasarkan hasil pertemuan Menteri ESDM Arcandra Tahar dengan pimpinan Inpex Corporation di kantor Kementerian ESDM pekan lalu. Dalam pertemuan itu, Arcandra meminta percepatan pengembangan Blok Masela dengan memasang target keputusan akhir investasi dapat terwujud tahun 2018 dan bisa berproduksi 2024.  (Baca: Arcandra Targetkan Putusan Akhir Investasi Blok Masela 2018)

Salah satu cara mempercepat persiapan pengembangan blok kaya gas di Laut Arafura itu adalah menjalankan sejumlah proses yang serial menjadi paralel. Misalnya, Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) bersamaan dengan Front End Engineering Design (FEED). 

Agar target tersebut tercapai, Wiratmaja akan mempercepat penyusunan proposal rencana pengembangan wilayah (PoD). “Tahun ini kalau bisa dipercepat PoD. Tiap bulan Menteri ESDM meminta proses evaluasi PoD di SKK Migas maupun di Kementerian ESDM,” ujar dia.

Di sisi lain, tim ad hoc juga mengkaji beberapa usulan agar Proyek Masela tetap ekonomis dengan skema pembangunan kilang di darat. Tapi, menurut Wiratmaja, usulan tersebut belum bisa diumumkan saat ini. Yang jelas, Kamis (11/8) nanti, tim akan bertemu untuk membahas proyek Blok Masela.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...