Baru Beroperasi, Terminal 3 Menuai Keluhan dan Masalah

Maria Yuniar Ardhiati
10 Agustus 2016, 12:06
Terminal 3 Ultimate
Arief Kamaludin|KATADATA

Pengoperasian Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, mulai menuai masalah dan keluhan dari para penumpang. Padahal, terminal bandara yang digadang-gadang paling megah dan sekelas dengan terminal di Bandara Changi, Singapura, ini baru diresmikan pengoperasiannya oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Selasa pagi (9/8) kemarin.

Sekitar 12 jam setelah beroperasi, terjadi gangguan listrik di Terminal 3 tersebut pada Selasa petang. Hal ini berujung pada penundaan atau delay jadwal penerbangan hingga sekitar pukul 9 malam. Akibatnya puluhan penerbangan Garuda Indonesia, satu-satunya maskapai yang baru beroperasi di terminal itu, mengalami penundaan.

Meski terjadi gangguan listrik, AirNav Indonesia mengklaim pelayanan pemanduan lalu lintas udara untuk pergerakan dari dan menuju Terminal 3 berjalan lancar. Tapi, Direktur Operasional Airnav Indonesia Wisnu Darjono menyatakan ada delay penerbangan Garuda Indonesia untuk tujuan Manado.

“Tapi saya tidak tahu ada masalah apa di Terminal 3,” ujarnya kepada Katadata, Selasa (9/8) malam. Saat ini, AirNav Indonesia sedang menyusun catatan keterlambatan penerbangan yang tejadi di terminal tersebut. (Baca: Pemerintah Verifikasi Ulang Terminal 3 Soekarno Hatta Setelah Lebaran)

Hingga kini, belum ada penjelasan resmi dari PT Angkasa Pura II sebagai pengelola Bandara Soekarno Hatta maupun dari Kementerian Perhubungan mengenai kejadian tersebut. Yang jelas, hal itu sudah menuai keluhan dari penumpang yang kemudian disuarakannya melalui media sosial.

Misalnya, pemilik akun Twitter @Edgar1107 melontarkan keluhannya. “Listrik Terminal 3 Ultimate mati, system down, gk bs reservasi, antrian panjang! @BudiKaryaS @kemenhub151 @Jokowi,” cuitnya, Selasa malam.

Pada cuitan berikutnya, dia menyatakan Budi Karya dan Kementerian Perhubungan terlalu memaksakan pengoperasian Terminal 3, meski dinilai belum layak. (Baca: Terminal 3 Soekarno Hatta Beroperasi Mulai 9 Agustus)

Fasilitas di Terminal 3 juga menuai kritik. Seorang penumpang menunjukkan foto boarding pass penerbangannya dari Terminal 3 menuju Bandara Hasanuddin, Makassar. Banyak keterangan tertera di situ, kecuali informasi mengenai gate. Alhasil, ia harus mencari sendiri pintu masuk untuk penerbangannya.

Gate 15, paling ujung,” ujarnya, Rabu (10/8). Ia pun mengatakan bahwa penumpang yang tergesa-gesa bisa tertinggal pesawat karena persoalan tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...