Proyek Bangka Chevron Mulai Produksi Akhir Bulan Ini

Anggita Rezki Amelia
10 Agustus 2016, 19:48
Rig
Katadata

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengatakan Lapangan Bangka di Blok Rapak akan segera berproduksi. Salah satu proyek Indonesia Deepwater Development (IDD) Chevron ini sudah dalam tahap persiapan produksi.  

Deputi Pengendalian Operasi SKK Migas Muliawan menargetkan proyek ini bisa berproduksi paling lambat bulan ini. “Mudah-mudahan akhir Agustus,” ujarnya kepada Katadata beberapa hari lalu. (Baca: Produksi Lapangan Bangka Mundur Sampai Agustus 2016)

Saat ini Chevron masih menyelesaikan konstruksi untuk fasilitas produksi dalam proyek tersebut. Dalam rancangannya, fasilitas ini memiliki kapasitas produksi gas alam sebesar 115 juta kaki kubik per hari (mmscfd) dan 4.000 barel kondensat per hari.

Dikutip dari situs resmi Chevron, proyek Bangka ini akan terkoneksi ke fasilitas produksi terapung (FPU). Menurut informasi yang diperoleh Katadata, nantinya sebanyak 50 mmdcfd gas dari Lapangan itu akan mengalir ke Kilang di Bontang, Kalimantan Timur.

Chevron Indonesia Company memegang porsi kepemilikan 62 persen pada proyek. Setelah keputusan akhir investasi pada semester II-2014, hingga saat ini Chevron telah mengebor dua sumur pengembangan pada proyek migas laut dalam tersebut.

Selain Lapangan Bangka, Chevron memiliki lapangan gas yang akan dikembangkan dalam proyek IDD yakni Gendalo dan Gehem. Kepemilikan pada dua lapangan ini sekitar 63 persen. Namun, hingga saat ini kedua lapangan tersebut belum dikerjakan.

Halaman:
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...