SKK Migas: Pertamina Akan Beli Dua Kargo Gas Lapangan Bangka

Anggita Rezki Amelia
11 Agustus 2016, 11:06
SKK Migas
Arief Kamaludin|KATADATA
SKK Migas

Produksi gas dari Lapangan Bangka di Blok Rapat sudah mengantongi komitmen dari calon pembeli. Salah satu calon pembelinya adalah PT Pertamina (Persero).

Wakil Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) M.I. Zikrullah mengatakan, Pertamina akan membeli dua kargo gas dari Lapangan Bangka pada tahun ini. “Perjanjian kontraknya masih dalam tahap penyelesaian,” kata dia kepada Katadata di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (11/8).

Advertisement

Menurut dia, Pertamina hanya membeli dua kargo gas karena Lapangan ini baru berproduksi. Sementara puncak produksinya diperkirakan akan terjadi mulai 2017. (Baca: Chevron Jajaki Penjualan Gas Lapangan Bangka ke Pertamina)

Selain itu, penyaluran gasnya masih belum pasti akan menggunakan pipa atau berbentuk gas alam cair (LNG). Alokasi jenis gas tersebut harus menunggu keputusan dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Jika gas itu untuk LNG maka akan diolah melalui Kilang Bontang. Sementara kalau gas pipa maka tergantung kebutuhan gas di Kalimantan Timur. Jika ada permintaan maka akan lebih diutamakan dibandingkan Pertamina.

“Dua pekan lalu sudah dipastikan bahwa kebutuhan gas untuk Kalimantan Timur sampai 2017 masih cukup dari eksisting kontrak. Kira-kira baru 2018 untuk Kalimantan Timur,” kata Zikrullah. Informasi yang diperoleh Katadata, nantinya sebanyak 50 juta kaki kubik (mmscfd) gas dari lapangan itu akan mengalir ke Kilang di Bontang. (Baca: Serapan Gas untuk Domestik Masih di Bawah Nilai Kontrak)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement