Temui Rini, Perusahaan Migas Oman Minat Garap Kilang Bontang

Miftah Ardhian
12 Agustus 2016, 15:25
Kilang minyak
Katadata

Kementerian Badan Usaha Milik Negara menerima kunjungan Menteri Energi Oman. Dalam pertemuan tersebut, pejabat negara dari Timur Tengah itu, Mohammed bin Hamad Al Rumhy, menyatakan perusahaan minyak nasional Oman tertarik untuk berinvestasi di Indonesia.

Terutama, investasi ditujukan dalam proyek pembangunan dan pengembangan kilang yang menjadi prioritas Indonesia. Menurut Menteri BUMN Rini Soemarno, saat ini baru satu perusahaan yang terang-terangan menyatakan minatnya, yaitu Oman National Oil Company, Oversea Oil and Gas. (Baca: Pemerintah Kaji Pembangunan 6 Kilang Baru).

Mendapat tawaran tersebut, Rini menindaklanjuti dengan memetakan proyek yang paling cepat bisa dikerjakan. “Kami sedang melihat di mana mereka paling cepat bisa membangun. Mereka memang bicarakan Bontang. Apakah memang Bontang yang paling cepat, apa di Sumatera Utara, pokoknya kami lihat,” kata Rini saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat, 12 Agustus 2016.

Saat ini, pemerintah memang sedang butuh dana jumbo dalam pengembangan sejumlah proyek migas, termasuk kilang. Selain tempat pengolahan minyak baru, PT Pertamina juga butuh biaya besar untuk merevitalisasi kilang-kilang lama. (Baca: Skema Berubah, Pemerintah Tawari Iran Garap Kilang Bontang).

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan, dan Pariwisata Kementerian BUMN Edwin Hidayat Abdullah mengatakan kedatangan Oman bukan hanya berfokus membangun kilang Bontang. “Oman baru menyatakan minat untuk investasi kilang. Mereka lagi survei di Bontang dan Kuala Tanjung,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...