Jokowi Copot Arcandra, Luhut Jadi Plt Menteri ESDM

Yura Syahrul
15 Agustus 2016, 21:22
Menteri Arcandra
Arief Kamaludin|KATADATA

Presiden Joko Widodo mencopot Arcandra Tahar dari jabatannya sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Sebagai gantinya, Presiden menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan sebagai Pelaksana Tugas Menteri ESDM.

Pengumuman pencopotan tersebut disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam konferensi pers di kompleks Istana Negara, Jakarta, pukul 21.00 WIB, Selasa (16/8). "Presiden memberhentikan secara hormat Menteri ESDM Arcandra Tahar," kata Pratikno, yang saat konferensi pers didampingi Juru Bicara Presiden, Johan Budi S.P.

(Baca: Menteri Arcandra Tersandung Kabar Status Warga Negara Amerika)

Menurut Pratikno, keputusan itu diambil Presiden setelah menyikapi pertanyaan publik mengenai status kewarganegaraan Menteri Arcandra dan mengumpulkan informasi dari berbagai pihak. Namun, dia tidak menjelaskan lebih detail persoalan kewarganegaraan Arcandra tersebut.

Yang jelas, Pratikno menyatakan, keputusan tersebut berlaku efektif Selasa besok. Selanjutnya, Luhut ditunjuk sebagai Plt Menteri ESDM hingga ditunjuk pejabat tetap. 

Konferensi pers tersebut hanya berlangsung kurang dari lima menit. Dua pertanyaan yang diajukan wartawan mengenai alasan detail pencopotan itu juga tidak ditanggapi oleh Pratikno. "Nanti dielaborasi lagi di lain waktu," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...