Wiranto: Pemerintah Butuh Waktu Dalami Kewarganegaraan Arcandra

Miftah Ardhian
15 Agustus 2016, 16:58
Pelantikan Kabinet Kerja
Biro Pers Setpres

Pemerintah masih membutuhkan waktu untuk mendalami kabar status kewarganegaraan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar. Pendalaman itu menyangkut berbagai aspek sehingga pemerintah harus berhati-hati menjelaskan persoalan tersebut kepada masyarakat.

Menteri Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan, pemerintah menyadari tanggapan yang saat ini beredar di masyarakat, termasuk pandangan dari para pakar, terkait status kewarganegaraan Arcandra.

Namun, pemerintah hingga kini masih membutuhkan waktu untuk mendalaminya lantaran harus mempelajarinya berbagai aspek. Sebab, Wiranto menilai, masalah tersebut sangat penting, yang terkait dengan kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

(Baca: Menteri Arcandra Tersandung Kabar Status Warga Negara Amerika)

Dengan begitu, pemerintah bisa menjelaskan kepada masyarakat mengenai masalah tersebut secara komperhensif dan tidak sepotong-sepotong. “Jadi biar utuh, biar masalah ini clear. Kami sangat hati-hati dalam melakukan penjelasan,” kata Wiranto seusai bertemu dengan Arcandra di kantor Kementerian Koordinator Polhukam, Jakarta, Senin (15/8) siang.

Wiranto enggan menjelaskan lebih jauh mengenai kabar kepemilikan paspor Amerika Serikat (AS) oleh Arcandra. ”Ini kan baru pendalaman. Ini dilakukan pendalaman oleh pemerintah. Kalau sudah selesai, pasti dijelaskan,” katanya.

Selanjutnya, Wiranto mengaku akan ke Istana Negara, Jakarta, untuk membahas persoalan tersebut. “Izinkan saya ke Istana untuk mendapat penjelasan. Nanti dijelaskan.” (Baca: Sibuk Rapat, Arcandra Masih Bungkam Soal Kewarganegaraan Amerika)

Padahal, sebelumnya seperti dilansir Kompas.com, Wiranto mengatakan, Arcandra telah melepas status kewarganegaraan Amerika Serikat seiring menerima tawaran sebagai Menteri ESDM. Jadi, Arcandra kini hanya memiliki paspor Indonesia.

"Itu membuktikan dia memiliki nasionalisme yang bagus dan bersedia mengabdi untuk kepentingan bangsa. Karena itu, Ia melakukan proses melepaskan kewarganegaraan AS dengan menyatakan sumpah serta menyerahkan paspor Amerika-nya."

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...