2017, Kementerian PUPR Targetkan Bangun 796 Kilometer Jalan Baru

Ameidyo Daud Nasution
18 Agustus 2016, 14:13
Jalan Tol
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan dapat membangun 796 kilometer jalan baru pada tahun depan. Ini lebih panjang dari target pemerintah tahun ini yang hanya membangun 703 kilometer.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pemerintah sedang fokus untuk mempercepat pembangunan infrastruktur untuk menunjang konektivitas antar wilayah. Target ini merupakan salah satu upaya untuk merealisasikan hal tersebut.

"Kami akan bangun 796 kilometer jalan nasional," kata Basuki saat pemaparan Nota Keuangan 2017 di Gedung Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Selasa (16/8). Jalan nasional adalah jalan umum yang dibangun oleh pemerintah. Jalan ini menjadi penghubung antar provinsi.

(Baca: Bappenas: Seluruh Perbatasan Terlewati Jalan Nasional pada 2019)

Selain jalan nasional, Basuki juga menargetkan ada kemajuan dalam pembangunan sejumlah ruas tol yang menjadi proyek strategis pemerintah. Untuk Tol Trans Jawa, kementerian menargetkan pembebasan lahan dari Solo hingga Surabaya bisa selesai. Kemudian untuk Tol Trans Sumatera, mulai Bakauheni (Lampung) hingga Palembang (Sumatera Selatan) bisa mulai beroperasi tahun depan.

Dalam pidato kenegaraan pada di Gedung DPR/MPR kemarin, Presiden Joko Widodo mengatakan dalam dua tahun terakhir, pemerintah telah mempercepat pembangunan jalan nasional sepanjang 2.225 kilometer. Dengan demikian hingga saat ini panjang jalan nasional sudah lebih dari 21.000 kilometer.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...