Pemerintah Kaji Peningkatan Produksi Minyak Blok Cepu

Anggita Rezki Amelia
18 Agustus 2016, 20:28
Pekerja Exxon
Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah mengkaji opsi untuk menaikkan produksi minyak di Blok Cepu, Jawa Timur. Tujuannya agar target lifting atau produksi siap jual minyak secara nasional bisa turut meningkat pada tahun depan.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM I.G.N. Wiratmaja Puja mengatakan, pemerintah menginginkan lifting minyak tahun depan bisa lebih tinggi dari target yang ditetapkan. “Kami inginnya dikalkulasi ulang supaya lebih tinggi lagi,” kata dia di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (18/8).

Dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2017, target lifting minyak tahun depan sebesar 780 ribu barel per hari (bph). Angka ini lebih rendah dari target lifting minyak dalam APBN-Perubahan 2016 sebesar 820 ribu bph. (Baca: Terus Menurun, Lifting Minyak 2017 Dipatok 780 Ribu Barel)

Menurut Wiratmaja  target ini lebih rendah karena ada penurunan produksi secara alamiah. Rata-rata penurunannya sebesar 18 persen. Di sisi lain, lapangan-lapangan yang akan berproduksi pun memiliki kapasitas yang kecil.

Untuk itu, pemerintah membuka opsi meningkatkan produksi minyak di Blok Cepu.  Blok ini memang menjadi tulang punggung dalam mendukung target lifting nasional karena memiliki potensi yang besar dan merupakan penemuan terbesar dalam 10 tahun terakhir.

Produksi rata-rata Blok Cepu saat ini bisa mencapai 165 ribu bph. Wiratmaja berharap produksi blok yang dioperatori oleh ExxonMobil ini bisa meningkat, bahkan hingga mencapai 200 ribu bph. “Mudah-mudahan. Lagi proses kalkulasi, kalau sudah siap nanti disampaikan,” ujar dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...