Merayakan Hari Kemerdekaan, Proyek IDD Bangka Berproduksi

Anggita Rezki Amelia
19 Agustus 2016, 09:00
Rig Migas Lepas Pantai Pertamina Hulu Energi
Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan proyek laut dalam Indonesia Deepwater Development (IDD) Bangka sudah mulai berproduksi. Waktu produksinya bertepatan dengan Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM I.G.N. Wiratmaja mengatakan pihaknya akan terus berupaya dan mendukung percepatan pembangunan proyek-proyek migas. Salah satunya proyek IDD Bangka yang dilaksanakan oleh Chevron.

Advertisement

“IDD Bangka Agustus ini sudah berprduksi. Kemudian ada juga yang harus segera dipercepat seperti Blok Masela,” ujarnya kepada Katadata, Kamis (18/8). (Baca: Produksi Lapangan Bangka Mundur Sampai Agustus 2016)

Jadwal produksi Lapangan Bangka di Blok Rapak telah mundur dari target awal yang sudah ditentukan, yakni Juni atau Juli 2016. Namun, teknis persiapan produksi yang belum selesai, menyebabkan jadwal proyek tersebut molor.

Deputi Pengendalian Operasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Muliawan mengatakan saat ini baru satu sumur yang sudah berproduksi dari proyek IDD Bangka, yakni sumur Bangka-6. “Onstream ini tanggal 17 Agustus satu sumur dibuka, kemarin loh,” ujarnya kepada Katadata.

Nantinya akan menyusul satu sumur lagi yang akan berproduksi dalam waktu dekat. Saat ini Chevron masih menyelesaikan pekerjaan pada sumur Bangka-7. Rencananya sumur ini akan menyusul untuk berproduksi bulan depan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement