Jadi Holding, Perumnas Targetkan Pembangunan Rumah Naik 4 Kali Lipat

Ameidyo Daud Nasution
22 Agustus 2016, 19:26
Perumahan
Arief Kamaludin | Katadata

Pemerintah berencana mengintegrasikan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan membentuk perusahaan induk (holding) di setiap sektor usaha. Salah satunya Perum Perumnas yang akan menjadi holding BUMN sektor perumahan.

Direktur Utama Perum Perumnas Bambang Triwibowo menyambut baik rencana ini. Dia optimistis dengan menjadi holding, akan menambah kapasitas dan kemampuan Perumnas dalam menyediakan dan pembangunan hunian baru.

"Kalau sebelumnya hanya 20 ribuan unit, kami targetkan 100 ribu, minimal empat kali lipatnya," kata Bambang yang ditemui saat acara Groundbreaking Proyek Rusunami Sentraland, di Bekasi, Senin (21/8). (Baca: Bentuk Holding, Jokowi: 2019 Nilai Investasi BUMN Rp 764 Triliun)

Menurut Bambang, peningkatan target pembangunan rumah hingga empat kali lipat setelah pembentukan holding, merupakan hal yang wajar. Sebagai induk usaha Perumnas bisa mengelola keuntungan yang didapat BUMN perumahaan di bawahnya.

Dengan menjadi holding, aset dan likuiditas Perumnas akan meningkat. Dengan begitu BUMN Perumahan akan lebih mudah mencari pendanaan untuk membangun rumah baru. Hal ini akan mendukung program pemerintah membangun satu juta rumah per tahun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...