Inpex: Nilai Investasi Blok Masela Tergantung Kondisi Pasar

Anggita Rezki Amelia
23 Agustus 2016, 20:06
Blok Masela
Arief Kamaludin | Katadata

Nilai investasi pengembangan Blok Masela masih belum final. Inpex Corporation selaku operator blok kaya gas di Laut Arafura. Maluku, itu menganggap nilai investasi sebesar US$ 15 miliar masih bisa berubah karena tergantung kondisi pasar.

Vice President Corporate Services Inpex  Nico Muhyiddin mengatakan, nilai US$ 15 miliar untuk investasi Blok Masela didasarkan pada kondisi sekarang. “Biaya pembuatan suka berubah berdasarkan market. Jadi perhitungan berdasarkan market saat ini,” kata dia di Jakarta, Selasa (23/8). (Baca: Investasi Blok Masela Bisa Dipangkas Jadi US$ 15 Miliar)

Berdasarkan catatan Katadata, Inpex mengajukan nilai investasi US$ 14,8 miliar untuk pengembangan Blok Masela menggunakan kilang terapung di laut (FLNG). Sedangkan jika menggunakan skema darat dengan jaringan pipa ke Aru maupun ke Tanimbar, Inpex menghitung nilai investasinya masing-masing sebesar US$ 22,3 miliar dan US$ 19,3 miliar.

Sedangkan berdasarkan data yang dimiiki Katadata, Kantor Staf Presiden (KSP) pernah membuat perhitungan yang berbeda. Nilai investasi untuk skema FLNG sebesar US$ 18,2 miliar, sedangkan untuk skema kilang darat dan pipa ke Aru lebih rendah, yaitu US$ 13,25 miliar. Sementara skema kilang darat dan pipa ke Tanimbar US$ 11,85 miliar.

Nico mengatakan, Inpex mengajukan angka tersebut karena harga barang-barang masih mahal sebelum rencana pengembangan (PoD) diajukan tahun 2015. Sedangkan saat ini harganya lebih murah. Penyebabnya antara lain harga minyak dunia yang rendah, sehingga tarif jasa penunjang ikut turun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...