Darmin Yakin Harga Rumah Turun dengan Paket Kebijakan XIII

Miftah Ardhian
25 Agustus 2016, 14:29
darmin
Arief Kamaludin|KATADATA

Pemerintah baru meluncurkan paket kebijakan ekonomi ketiga belas. Salah satu isi paket ini terkait kemudahan perizinan pembangunan rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan dalam paket kebijakan tersebut pemerintah berupaya memotong separuh lebih rantai perizinan dalam membangun rumah, khususnya bagi golongan MBR. Karena itu, dia optimistis harga properti ini akan turun. (Baca: Paket Kebijakan XIII, Biaya Perizinan Rumah Murah Dipangkas 70 Persen).

Advertisement

“Biaya pengurusan izin dan rekomendasi macam-macam itu 20 - 25 persen (terhadap harga rumah). Hitung-hitungannya, akan turun kira-kira 70 persen, dengan deregulasi kemarin. Dampak ke harga rumah 14 - 17 persen, atau mendekati 20 persen,” kata Darmin di Hotel Fairmont Senayan, Jakarta, Kamis, 25 Agustus 2016.

Meskipun demikian, pemerintah tidak bisa mengeneralisasi bahwa harga rumah untuk golongan MBR sama. Walaupun yakin akan turun, harga rumah juga tergantung lokasinya. Sebab, harga tanah di masing-masing daerah berbeda-beda. (Baca: Perumnas Bangun 3.179 Rumah Murah di Tiga Lokasi).

Terkait anggapan sejumlah pengusaha bahwa harga rumah sulit turun melalui paket kebijakan, Darmin membantahnya. Sebab, banyak kemudahan bagi pengusaha dalam membangun sehingga biaya produksi bisa ditekan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement