Deflasi Agustus, BI Perlu Pangkas Bunga untuk Kerek Daya Beli

Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution - Martha Ruth Thertina
5 September 2016, 17:14
Bank Indonesia
Agung Samosir|KATADATA

Laju inflasi yang tergolong rendah hingga akhir Agustus lalu memberikan ruang lebih besar kepada Bank Indonesia (BI) untuk memangkas suku bunga acuan. Kebijakan yang diharapkan selama empat bulan tersisa tahun ini tersebut berpotensi mendongkrak daya beli masyarakat untuk mendukung target pertumbuhan ekonomi.

Akhir pekan lalu, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan terjadinya deflasi 0,02 persen pada Agustus lalu. Ini merupakan level terendah dibandingkan bulan yang sama sejak tahun 2001. Alhasil, inflasi sejak awal tahun ini (year to date) sebesar 1,74 persen dan secara tahunan (year on year /yoy) 2,79 persen.

Advertisement

Riset terbaru DBS Group menyoroti rendahnya angka inflasi, termasuk inflasi komponen inti yang secara tahunan (yoy) sebesar 3,32 persen. Kondisi ini memperbesar kemungkinan inflasi pada kahir tahun nanti bakal berada di kisaran bawah target BI yang sebesar 4 persen plus-minus satu persen (3-5 persen). (Baca juga: Deflasi Agustus 0,02 Persen, Terendah Sejak 2001)

Sebagai catatan, inflasi inti adalah komponen inflasi yang cenderung menetap di dalam pergerakan inflasi dan dipengaruhi oleh faktor fundamental, antara lain interaksi permintaan-penawaran: nilai tukar, harga komoditas internasional, serta inflasi mitra dagang.

Jika tidak ada perubahan yang signifikan pada empat bulan ke depan, DBS memperkirakan inflasi tidak akan melampaui target tahun ini. Dengan begitu, BI bisa lebih leluasa memangkas suku bunga acuan BI 7-Days Repo yang saat ini sebesar 5,25 persen.

“Inflasi Agustus yang di bawah target telah memperkuat ekspektasi akan pemangkasan lebih jauh suku bunga acuan oleh BI,” tulis peneliti DBS Group dalam ruset tertulisnya, Senin (5/9).

DBS pun memandang rendahnya inflasi hingga Agustus lalu menunjukkan daya beli masyarakat melemah. Hal itu berpotensi menahan laju pertumbuhan ekonomi. (Baca juga: Menteri Sri Mulyani Waspadai Efek Deflasi Agustus)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement