Agar Mandiri, Arcandra Sebut 3 Syarat Pemimpin di Bidang Energi

Miftah Ardhian
8 September 2016, 20:38
Arcandra ESDM
Arief Kamaludin (Katadata)

Sehari setelah Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengukuhkan statusnya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), Arcandra Tahar menyampaikan pandangannya mengenai kedaulatan dan kemandirian energi di forum para pendukung Presiden Joko Widodo. Namun, Arcandra tidak bersedia mengomentari peluangnya kembali menjabat Menteri Energi dan Sumber daya Mineral (ESDM).

Arcandra menjadi pembicara dalam diskusi publik bertajuk "Membangun Kedaulatan Energi Bangsa" yang diselenggarakan organisasi massa pendukung Jokowi, Pro Jokowi (Projo), di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (8/9) petang. Dalam diskusi yang dihadiri sekitar 100-an orang itu, dia memaparkan sejumlah strategi hasil pemikirannya agar Indonesia memiliki kedaulatan dan kemandirian di bidang energi.

Advertisement

Pertama, terkait proses bisnis. Ia menilai, proses bisnis dalam bidang energi, khususnya bidang minyak dan gas bumi (migas), selama ini belum transparan. Alhasil, rantai bisnisnya sangat panjang. Ke depan, proses bisnisnya harus lebih terbuka antara investor maupun pemerintah.

(Baca: Arcandra Jadi Menteri Lagi, Bisa Picu Perdebatan Hukum dan Politik)

Kedua, pemakaian dan pengembangan teknologi sehingga bisa menemukan sumber-sumber energi yang berkali-kali lipat. Arcandra mengacu kepada Amerika Serikat yang terus mengembangkan teknologi untuk meningkatkan produksi migasnya hingga dua kali lipat dalam waktu tujuh tahun sejak 2007.

Ketiga, pemerintah harus betul-betul memilih orang yang tepat untuk menjadi pemimpin dalam bidang energi ini. Arcandra mengatakan, ada tiga syaratnya, yaitu memiliki ilmu pengembangan energi, skill, dan pengalaman.

(Baca: Menteri Hukum Pastikan Arcandra Kini Masih Berstatus WNI)

Pengalaman menjadi penting agar orang yang tepat ini dapat mengetahui sampai ke seluk-beluk permasalahan energi. "Dalam negosiasi kontrak apapun, harus punya ketiga syarat ini. Jangan hanya yang bisa salah satu. Kita butuh petarung-petarung seperti ini untuk menciptakan kemandirian energi," ujar Arcandra, yang menuai tepuk tangan riuh dari para peserta diskusi.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement