Kadin Dorong Pembangunan Pusat Industri di Dekat Sumber Gas

Anggita Rezki Amelia
8 September 2016, 18:38
pipa gas
Katadata | Arief Kamaludin

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendorong agar pusat industri dibangun di daerah yang memiliki sumber gas. Dengan begitu industri bisa menikmati harga gas bumi lebih murah sebagai bahan baku.

Ketua Kadin Rosan Perkasa Roeslani mengatakan, rata-rata industri saat ini dibangun di sekitar Pulau Jawa. Padahal, sumber bahan baku industri seperti gas atau batubara umumnya berada di wilayah Kalimantan dan Sumatera.

Advertisement

Kondisi ini membuat harga gas menjadi mahal. "Ini karena gasnya ada di Sumatera tapi dibawa ke Jawa. Jadi bagusnya pusat industri itu dibangun dekat dengan lumbung energi," kata Rosan dalam Forum Ketahanan Energi Nasional (FKEN) di Jakarta, Kamis (8/9). (Baca: Aturan Terbit, Diskon Harga Gas Bumi Dinikmati Tujuh Industri)

Dalam forum diskusi tersebut, Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Satya Widya Yudha mengatakan harga gas untuk industri menjadi murah jika pemerintah melakukan pembenahan kontrak hulu kontraktor migas. Pembenahan di hulu ini perlu karena penyedia sumber gas bagi industri.

Pemerintah harus membuat kontrak hulu migas semenarik mungkin untuk investor. Salah satunya adalah menerapkan skema bagi hasil sliding scale. Artinya, ketika harga minyak naik maka pemerintah diuntungkan. Namun, ketika harga minyak rendah maka penerimaan negara bisa berkurang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement