Konstruksi Tol Serang-Panimbang Ditargetkan Mulai Akhir Tahun

Ameidyo Daud Nasution
14 September 2016, 15:12
Tol JORR W2 Kebon Jeruk-Ulujami
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berharap pekerjaan tol Serang-Panimbang di Banten, bisa dimulai akhir tahun ini. Ini untuk mengejar target yang diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa proyek jalan tol sepanjang 84 kilometer ini bisa rampung pada 2018.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan saat ini pihaknya sedang menyiapkan proses lelang pengerjaan proyek tersebut. Proses lelang ini ditargetkan dapat rampung paling lambat dalam dua bulan ke depan.

Advertisement

Setelah menetapkan pemenang lelang, kontraktornya akan langsung mengerjakan proyek ini. "Kalau sudah ada (pemenangnya) bisa kami lakukan akhir 2016," kata Basuki usai acara pameran Transportasi dan Infrastruktur di Gedung Smesco, Jakarta, Rabu (14/9).

(Baca: Wijaya Karya Siapkan Tiga Proyek Tol untuk Tampung Dana Repatriasi)

Hasil rapat Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) memutuskan pembiayaan tol Serang-Panimbang akan menggunakan sistim campuran (hybrid). Pembiayaan dari pemerintah melalui Viability Gap Fund (VGF) atau dana dukungan tunai. Kemudian dari swasta melalui Availability Payment (AP), yakni pembayaran atas ketersediaan layanan infrastruktur.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pembangunan Jalan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Achmad Gani Ghazali mengatakan sebagian lahan proyek ini sudah dibebaskan. Lahan untuk pekerjaan tol yang sudah rampung saat ini berada di titik dekat Panimbang.

"Yang di sebelah sini (Serang) masih proses pembebasan. Kan panjang prosesnya. Tapi kalau angka total lahan yang sudah bebas saya lupa," kata Gani. (Baca: Swasta Bisa Talangi Biaya Pembebasan Lahan Tol)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement