Tiga Kantor Baru untuk Pendaftaran Serentak Tax Amnesty Pengusaha

Miftah Ardhian
26 September 2016, 18:27
Tax Amnesty
Arief Kamaludin | Katadata

Direktorat Jenderal Pajak sudah berancang-ancang menyambut pendaftaran serentak program pengampunan pajak. Rencananya, besok, para pengusaha kakap akan mendatangi sejumlah kantor pajak untuk mendeklarasikan harta mereka dan membayar uang tebusan tax amnesty tersebut.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama menyatakan akan menambah tiga kantor pelayanan pajak. Tempat baru di Jakarta ini dapat menampung peserta tax amnesty dari seluruh Indonesia. Hal ini untuk mengurai penumpukan peserta di masa akhir periode pertama bulan ini.

Advertisement

Lebih-lebih, Hestu mendengar rencana para pengusaha besar ingin menyampaikan surat pernyataan secara nasional pada 27 September 2016. “Besok akan kami tambah tiga tempat. Di sini (Kantor Wilayah Pajak Besar Sudirman) di lantai 2,” kata Yoga di Kanwil Khusus Pajak Besar Sudirman, Jakarta, Senin, 26 September 2016. (Baca: Ikut Tax Amnesty, Chandra Lie: Dana Repatriasi untuk Beli Pesawat).

Dua tempat pelayanan baru lainnya berada di Kalibata, Jakarta Selatan, yakni Kantor Wilayah Pajak Khusus, dan di Jalan Ridwan Rais, Jakarta Pusat. Di tempat terakhir ini, kata Yoga, berkumpul Kantor Pajak Pratama Madya.

Direktorat Pajak juga telah menginstruksikan para pegawainya untuk bekerja ekstra dalam menghadapi tenggat akhir tahap pertama program tax amnesty. Mereka diperintahkan memberikan pelayanan maksimal. Misalnya, para pegawai pajak bekerja hingga pukul 22.00, dari jam kerja semula sampai pukul 16.00.

Menurut Yoga, penambahan kerja ekstra ini untuk mensukseskan program tax amnesty yang ditargetkan dapat meraup uang tebusan hingga Rp 165 triliun. Dengan demikian, para peserta terutama wajib pajak besar tidak perlu khawatir tidak terlayani sampai dengan batas akhir tahap pertama. (Baca juga: Akses "Super" Sambut Pendaftaran Serentak Tax Amnesty Pengusaha).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement