Genjot Produksi Pangan, Pemerintah Benahi Infrastruktur Pertanian

Anggita Rezki Amelia
27 September 2016, 15:41
Pertanian
Donang Wahyu|KATADATA

Pemerintah berupaya untuk terus menggenjot produksi pertanian demi menjamin ketersediaan pangan nasional. Upaya ini dilakukan dengan mempercepat pembangunan infrastruktur pertanian, seperti lahan beserta sistem irigasinya.

Hal ini telah disepakati dalam rapat koordinasi terbatas (Rakortas) di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (27/9). Hasil rapat tersebut menyepakati bahwa pemerintah harus menjamin ketersediaan pangan melalui pembangunan infrastruktur yang memadai.

Advertisement

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimujono mengatakan pihaknya diminta untuk memetakan kebutuhan infrastruktur pangan. Beberapa diantaranya adalah sistem irigasi pada lahan pertanian padi, jagung dan gula.

Kementerian PUPR mencatat saat ini sudah ada sekitar 7,3 juta hektare saluran irigasi yang beroperasi. Dari jumlah tersebut, hanya 3,9 juta hektare yang kondisinya masih baik. Sisanya sekitar 3,3 juta hektare lagi perlu dibenahi alias harus masuk program rehabilitasi. 

"Jadi 7,3 juta hektare (lahan irigasi) itu yang baik hanya 54 persen. Sisanya rusak ringan, rusak berat, sehingga tahun 2016 akan kami perbaiki," kata Basuki yang ditemui usai rakortas tersebut. (Baca: Hanya 10,5 Persen Sawah Mendapat Pasokan Air dari Waduk)

Basuki mengatakan lokasi irigasi yang memerlukan program rehabilitasi kebanyakan berada di pulau Jawa. Targetnya pada akhir tahun depan, sekitar 2,2 juta hektare saluran irigasi yang rusak, telah selesai diperbaiki. Sehingga sisanya hanya tinggal 1,1 juta hektare lagi yang perlu diperbaiki pada 2018.

"Jadi berjalan selama dua tahun lagi, itu yang sekarang yang harus dipetakan oleh Pak Menko," ujarnya. 

Dalam rapat tersebut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meminta Basuki untuk memetakan di mana saja lahan irigasi yang perlu diperbaiki. Mengingat pada tahap awal ini tidak semua lahan bisa diperbaiki.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement