Blusukan ke Kantor Pajak, Jokowi Beri Semangat Para Petugas

Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution - Safrezi Fitra
28 September 2016, 14:58
Jokowi
Cahyo | Biro Pers Sekretariat Kepresidenan
Presiden Jokowi melakukan inspeksi mendadak di KPP Grogol Petamburan, meninjau langsung pelayanan tax amnesty di kantor tersebut, Rabu (28/9)

Hari ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan inspeksi mendadak (sidak) pelayanan tax amnesty (amnesti pajak) di Jakarta. Dia mendatangi dua lokasi berbeda, yakni yakni di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Grogol Petamburan di Jalan Letjen. S. Parman Jakarta Barat dan KPP Gabungan Jakarta Pusat, Utara, Timur dan Selatan dan Barat di Jalan M.I. Ridwan Rais Jakarta Pusat.

Tiba sekitar pukul 9.00 di KPP Grogol Petamburan, Jokowi langsung meninjau pelayanan di lantai satu dan melihat sendiri bagaimana para wajib pajak dilayani oleh para petugas. Sebelum kedatangan Presiden, suasana di KPP tersebut sudah ramai oleh para wajib pajak yang ingin mengikuti program amnesti pajak.

Dia melihat antusias wajib pajak mengikuti program pengampunan pajak ini sangat besar. "Coba bayangkan, tadi pagi ada yang antre dari jam tiga, ada yang jam empat, ada yang jam lima,” ujarnya, Rabu (28/9). (Baca: Ketika Para Petugas Begadang Melayani Tax Amnesty)

Kedatangan presiden membuat seisi ruangan termasuk para petugas terkejut. Dengan penuh senyum, Jokowi berpindah menuju sebuah meja pelayanan yang sedang melayani wajib pajak dan memperhatikan jalannya pelayanan.

Setelah itu, dia bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi menuju lantai tiga untuk meninjau pelayanan lainnya. Selama peninjauan, Presiden Joko Widodo menyempatkan diri untuk melayani permintaan jabat tangan dan foto bersama para wajib pajak dan petugas.

Usai meninjau pelayanan di KPP Grogol Petamburan, Jokowi langsung bertolak menuju pelayanan amnesti pajak bersama KPP gabungan di Jalan Ridwan Rais. Hanya 15 menit Jokowi berkeliling kantor pajak tersebut. Tanpa berkomentar banyak, dia hanya tersenyum sebelum meninggalkan kantor pelayanan pajak tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...