Sinergi Hotel BUMN, Menteri Rini Resmikan Hotel Indonesia Group

Miftah Ardhian
28 September 2016, 18:38
Hotel Gedung
Arief Kamaludin (Katadata)

Pemerintah terus meretas rencana pembentukan induk usaha (holding) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berbagai sektor usaha. Menteri BUMN Rini Soemarno meresmikan pembentukan Hotel Indonesia Group (HIG), yang merupakan konsolidasi atau sinergi hotel-hotel milik BUMN.

Hotel-hotel yang bersinergi tersebut di bawah pengelolaan PT Hotel Indonesia Natour (HIN), PT Patrajasa (anak usaha PT Pertamina), dan PT Aero Wisata (anak usaha PT Garuda Indonesia Tbk). (Baca: Jokowi Undang 10 Juta Turis Cina, Bukan Pekerja)

Menurut Rini, sinergi yang dibangun ini mengusung visi-misi menjadikan HIG sebagai jaringan hotel terbesar di Indonesia. Dengan begitu, masing-masing hotel BUMN memiliki standar pelayanan yang sama. Selain itu, masing-masing hotel BUMN tidak akan saling bersaing karena merebut pasar yang sama dan mengedepankan efisiensi.

"Jadi tidak seperti PGN (PT Perusahaan Gas Negara Tbk) dan Pertagas (Pertamina Gas) yang beranteman atau seperti Pertamina dan PLN (PT Perusahaan Listrik Negara) yang berantem soal geothermal (panas bumi)," ujar Rini saat membuka acara peresmian HIG di Jakarta, Rabu (28/9).

(Baca: Pembentukan Holding BUMN Tinggal Menunggu Restu DPR)

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...