Tingkatkan Produksi Migas, Pertamina Bidik 30 Blok

Anggita Rezki Amelia
29 September 2016, 18:03
Sumur Minyak
Chevron

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan produksi minyak dan gas perusahaannya di dalam dan luar negeri, baru mencapai 624.000 barel setara minyak per hari (bsmph). Padahal hingga 2025, target produksi hulu bisa mencapai 1,914 juta bsmph.

Untuk mencapai target tersebut, Pertamina akan mengambil alih blok migas yang akan berakhir kontraknya dan sudah berproduksi. Hingga 2025 ada 30 blok migas yang kontraknya akan selesai dan sedang dievaluasi. (Baca: Dirut Pertamina Dwi Soetjipto: Pertamina Bisa Kalahkan Petronas).

Namun, Pertamina tidak akan masuk ke semua blok tersebut. Targetnya, bisa memperoleh tambahan cadangan sebesar 481.000 bsmph. “Blok yang akan terminasi dan memiliki potensi kami review," kata Wianda di Jakarta, Kamis, 29 September 2016.

Dia masih merahasiakan blok mana saja yang akan diambil serta dana investasi yang disiapkan . Tapi  beberapa wilayah migas yang sudah dilirik adalah Blok Sanga-Sanga, Blok East Kalimantan, Blok Ogan Komering, dan beberapa blok yang dikelola oleh anak usahanya, yakni PT Pertamina Hulu Energi (PHE). (Baca: Pertamina EP Gandeng Badan Geologi Kembangkan Teknologi Eksplorasi).

Selain mengambil alih blok yang akan berakhir, Pertamina juga menggenjot produksi dari lapangan migas sudah ada. Menurut Wianda, akan ada tambahan produksi 246 ribu bsmph dari pembangunan proyek, percepatan eksplorasi, serta Enhanced Oil Recovery.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...