Hitungan Keekonomian, Harga Premium Turun Rp 300 Bulan Depan

Anggita Rezki Amelia
29 September 2016, 19:58
BBM solar AK
Arief Kamaludin|KATADATA

Pemerintah akan menetapkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium penugasan dan Solar bersubsidi untuk periode Oktober hingga Desember 2016. Berdasarkan data yang dihimpun Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), harga baru untuk Premium akan turun, sementara Solar malah naik.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Teguh Pamudji mengatakan, Pelaksana tugas (Plt) Menteri ESDM Luhut Binsar Pandjaitan sudah mengirimkan surat kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution perihal penetapan harga Premium dan Solar tersebut. Surat itu berisi penjelasan bahwa harga kedua produk BBM itu harus berubah pada periode tiga bulan ke depan.

Advertisement

(Baca: Impor Solar dan Premium Berkurang, Pertamina Hemat Rp 1,7 T per Bulan)

Pertimbangan perubahan harga tersebut adalah kondisi harga minyak dunia. “Surat sudah ke sana. Nanti malam Pak Luhut akan menyampaikan instruksi resmi kepada Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Migas bahwa besok harga BBM akan diumumkan,” kata Teguh di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (29/9).

Sementara itu, Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM I.G.N Wiratmaja Puja mengatakan, berdasarkan harga keekonomian sesuai dengan data tiga bulan terakhir maka harga Premium penugasan akan turun Rp 300 per liter. Sementara Solar bersubsidi akan naik Rp 600 per liter. “Harga Solar itu sudah termasuk subsidi Rp 500 per liter,” kata dia kepada Katadata, Kamis (29/9).

Berdasarkan Keputusan Menteri ESDM Nomor 5976 K/12/MEM/2016 tentang harga jual eceran jenis BBM tertentu dan jenis BBM khusus penugasan, harga Solar subsidi periode Juli-September 2016 ditetapkan sebesar Rp 5.150 per liter. Harga ini sudah sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement