Antisipasi Penerimaan Rendah, Pemerintah Kaji Anggaran Medio Oktober

Desy Setyowati
4 Oktober 2016, 18:00
Kementerian Keuangan
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA

Penerimaan pajak baru mencapai Rp 791,9 triliun -sekitar 60 persen dari target Rp 1.318 triliun- hingga kemarin. Bila dalam tiga bulan terakhir tak ada penambahan signifikan, hal itu akan berdampak pada defisit anggaran.

Untuk mengantisipasinya, pemerintah akan mengkaji kondisi keuangan termutakhir pada pertengahan bulan ini. Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan pemerintah hendak menganalisa agar defisit anggaran tetap pada batas aman, yakni di bawah tiga persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). (Baca: Target Defisit Anggaran 2017 Membengkak Jadi Rp 330 Triliun).

Meski begitu, sampai saat ini, dia menyatakan bahwa defisit anggaran tetap diproyeksikan 2,5 - 2,7 persen dari PDB hingga saat ini. “Sementara masih sama. Menteri Keuangan biasanya review setiap bulan. Realisasi September akan di-review kembali, tapi mungkin pelaksanaannya pertengahan Oktober ini,” kata Askolani di sela-sela rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR di Jakarta, Selasa, 4 Oktober 2016.

Direktur Potensi, Kepatuhan dan Penerimaan Pajak Direktorat Jenderal Pajak Yon Arsal sempat mengatakan bahwa penerimaan Rp 791,9 triliun tadi meningkat 15 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Peningkatan ini disokong oleh penerimaan dari program pengampunan pajak (tax amnesty) yang mencapai Rp 97,2 triliun pada periode pertama.

Sementara itu, Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual mengatakan penerimaan ini masih sejalan dengan target defisit 2,7 persen. Sebab, realisasi belanja negara biasanya hanya sekitar 90 persen. Artinya, ada pemangkasan anggaran secara alamiah. (Baca: Tutup Bolong Pajak, Pemerintah Didorong Genjot Tax Amnesty).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...