Bank Dunia Minta Indonesia Tak Lagi Andalkan Ekspor Komoditas

Ameidyo Daud Nasution
5 Oktober 2016, 16:36
Bank Dunia
Arief Kamaludin | Katadata

Bank Dunia menganggap, Indonesia  tidak bisa lagi mengandalkan ekspor komoditas mentah untuk mendorong perekonomian. Sebab, harga komoditas yang masih rendah saat ini, diperkirakan belum dapat segera meningkat.

Kepala Ekonom Bank Dunia untuk kawasan Asia Timur dan Pasifik Sudhir Shetty menyarankan agar Indonesia segera melakukan diversifikasi industri. "Karena apabila kita bicara harga seperti Crude Palm Oil (minyak sawit mentah) atau karet, harganya belum terlihat akan kembali (naik) dengan drastis," katanya melalui video teleconference dalam acara "The East Asia and Pacific Update" di Jakarta, Rabu (5/10).

Bank Dunia mencatat, anjloknya harga komoditas telah memukul perekonomian sejumlah negara berkembang. Ekonomi Mongolia diproyeksikan cuma tumbuh sekitar 0,1 persen tahun ini atau turun dari 2,3 persen pada 2015. Penyebab utamanya adalah pelemahan ekspor mineral dan pengendalian utang.

Sedangkan ekonomi Papua Nugini juga diproyeksi cuma tumbuh 2,4 persen tahun ini, atau turun drastis dibanding tahun lalu yang sebesar 6,8 persen. Penurunan tersebut disebabkan jatuhnya harga dan produksi tembaga serta gas alam cair (LNG) negara itu. (Baca juga: Genjot Ekonomi, Pemerintah Didorong Perlebar Defisit Anggaran

Menurut Shetty, kunci pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan terletak pada penerimaan negara dan investasi. Jika kedua hal ini bisa dioptimalkan, ia yakin ekonomi bisa terus naik dari 4,8 persen pada 2015 menjadi 5,5 persen pada 2018.

Rinciannya, ekonomi tumbuh 5,1 persen pada tahun ini, lalu meningkat menjadi 5,3 persen pada 2017. Setahun berselang, ekonomi terus naik sehingga tumbuh 5,5 persen. Proyeksi tersebut tidak berubah dengan ramalan Bank Dunia pada Maret lalu.

Jika dibandingkan, proyeksi positif Bank Dunia itu berkebalikan dengan Asian Development Bank (ADB). Akhir September lalu, Bank Pembangunan Asia memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesiai menjadi 5 persen, dari perkiraan sebelumnya pada Maret lalu sebesar 5,2 persen. (Baca juga: ADB Pangkas Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Jadi 5 Persen)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...